• Minggu, 28 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kegiatan sedekah bumi Kelurahan Bukit Biru Tenggarong

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Setelah dua tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi covid-19 kegiatan sedekah bumi Kelurahan Bukit Biru tahun 2022, kembali digelar meriah dengan menyajikan nasi tumpeng dan gunungan hasil pertanian masyarakat.

Tujuan diadakan kegiatan ini untuk membahagiakan dan mensejahterakan masyarakat di Bukit Biru sesuai visi misi Bupati Kukar Edi Damansyah yakni mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan bahagia.

Lurah Bukit Biru Misri mengatakan yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah keinginan dari masyarakat di Kelurahan Bukit Biru dan masyarakat Bukit Biru. Kegiatan ini sudah turun-temurun adat istiadat itu tidak pernah dilupakan.

"Artinya sedekah bumi ini dilaksanakan adalah wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki berupa hasil tanaman pangan." kata Misri kepada KutaiRaya.com Selasa (21/6/2022).

Jadi masyarakat sangat mendambakan sekali kegiatan ini, karena kemarin pihaknya dengan tokoh masyarakat yang ada dikelurahan bukit biru dan lembaga adat mengadakan rapat untuk melaksanakan sedekah bumi.

"Dimana kita sudah 2 tahun lebih tidak melaksanakan kegiatan tersebut karena adanya pandemi covid-19. Dan alhamdulilah kemarin sudah mendapatkan ijin dari satgas covid dan memberikan acara ini bisa dilaksanakan di kelurahan bukit biru bersama warga masyarakat yang ada disekitar." ujarnya.

Ia menyebut rangkaian kegiatan mulai kemarin sudah dilakukan kumpul bersama tokoh masyarakan dengan mengadakan kegiatan ritual-ritual dan puncaknya hari ini dengan memberikan sesembahan berupa membuat ingkung, nasi tumpeng dengan gunung-gunungan yang dari hasil pertanian dan berikan kepada masyarakat untuk di bagikan.

"Harapan saya semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menambah keimanan lagi, bisa meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT, dan kita semua diberi rahmat hidayah dan ridho khususnya di Kelurahan Bukit Biru dan umumnya di Kukar." terangnya.

Sementara itu Camat Tenggarong Sukono menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pihak kelurahan dan masyarakat bukit biru yang telah melaksanakan kegiatan ini. Sedekah bumi ini adalah salah satu agenda tahunan yang nantinya akan dilaksanakan terus.

"Alhamdulilah dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini. Kegiatan ini merupakan bentuk syukur masyarakat kelurahan bukit biru atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah, dalam hal ini mayoritas adalah pertanian. Maka pada malam hari ini semua jenis hasil para petani, semua dilimpahkan atau dibikin gunungan yang berarti sedekah." ungkap Sukono.

Lanjutnya pihaknya selalu mendukung dengan kegiatan-kegiatan ini karena, kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur disamping itu ingin mengungkapkan semua kegiatan-kegiatan yang ada dimasyarakat itu ditampilkan di acara atau kegiatan sedekah bumi ini.

"Jadi kedepanya kami mendukung penuh kegiatan ini, bahkan kalau memang ada dikelurahan lain pun harusnya seperti ini."ucapnya.

"Harapan saya kegiatan ini tetap dilestarikan kedepannya sehingga masyarakat mengetahui makna sebenarnya, sedekah bumi itu adalah ucapan rasa syukur kita kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan kepada masyarakat bukit biru ini." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top