• Selasa, 05 Maret 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TEMGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskopukm) Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar kegiatan pelatihan kewirausahaan membuat makanan olahan dari bahan pisang, yang diikuti 30 peserta.,bertempat di Kantor Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan, Selasa (14/6/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Diskopukm Kukar H Tajudin, dan turut di hadiri Sekertaris Camat Loa Janan Rizal, Kepala Desa Bakungan Arlusdiansyah.

Tujuan dari pelatihan Kewirausahaan ini adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Bakungan.

Kepala Diskopukm Tajudin mengatakan kegiatan pelatihan itu sasaranya kepada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jadi selain UMKM nya jalan mudah-mudahan dapat menyentuh pada program kemiskinan.

"Kami meminta pak kades untuk mengumpulkan anggota keluarga DTKS dimana ada 30 orang yang mengikuti pelatihan ini. Tapi 30 orang itu nantinya sebagai motivator bagi masyarakat di sekitar dan juga keluarganya." kata Tajudin Selasa (14/6/2022).

Disisi lain, Dinas Koperasi dan UKM sebagai rumah besarnya selalu bersinergi dengan semua Dinas yang ada di Kukar untuk pembangunan ekonomi.

"Kami juga berupaya untuk terus mensuport, hingga terkait dengan perijinan dan sertifikasinya," ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Bakungan Arlusdiansyah mengatakan Pemerintah Desa sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini sesuai dengan visi misi Bupati yakni Kukar Idaman, meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Pelatihan ini salah satunya membuat produk olahan makanan dari bahan pisang dan singkong. Dia menyebut pelatihan Kewirausahaan ini baru pertama kali digelar di Desa Bakungan.

"Harapan kita dengan adanya pelatihan ini paling tidak menambah pengetahuan dari peserta pelatihan dan kedepannya bisa dikembangkan." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top