• Minggu, 28 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Arbain

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Salah satu upaya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) untuk mencari bibit atlet, yaitu melalui Program Talent Scouting. Program tersebut rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli 2022.

Hal ini disampaikan Kadispora Kukar Aji Ali Husni melalui Sub Kordinator Pembibitan dan IPTIK Olahraga Dispora Arbain, Jumat (3/5/2022).

Arbani mengatakan Talent Scouting merupakan tolak ukur untuk mencari bibit-bibit atlet yang sesuai dengan karakter tubuh dan fisik anak.

"Jadi bulan Juli mendatang, talent scouting akan digelar di Kecamatan Kota Bangun dan sekitarnya selama tiga hari." kata Arbain kepada KutaiRaya.com diruang kerjanya.

Program ini akan berlanjut ditahun berikutnya yang rencana akan dilakukan di Kecamatan Kembang Janggut, Kenohan dan Tabang. Setiap kecamatan perwakilan dari SD dan SMP.

Pada pelaksanaannya nanti akan dilakukan berbagai metode pelatihan olahraga. Dan ada beberapa tenaga ahli yang nantinya akan mengamati dan menilai bakat serta kemampuan anak-anak di tiap bidang cabang olahraga (cabor).

"Seperti cabor Atletik, Dayung, Silat, Basket dan sebagainya. Karena dari talent scouting ini nanti akan muncul anak ini bakatnya dimana, nanti diamati oleh orang-orang yang ahli di bidangnya, " sebutnya.

Arbain mengaku program ini bukanlah pertama kalinya. Sebelumnya sudah pernah ada, tetapi tidak berjalan dengan maksimal. Untuk itu tahun ini Dispora bekerjasama dengan Disdikbud Kukar untuk mendukung supaya program berjalan sesuai harapan.

Dikatakan Arbani program ini bertujuan untuk melahirkan atlet-atlet yang semuanya berasal dari Kukar. Untuk keberlanjutannya juga, anak-anak yang telah mengikuti pelatihan nantinya akan direkomendasikan ke pelatih olahraga profesional. Dan akan direkomedasikan untuk masuk ke Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD).

"Harapan kedepan mudah-mudahan dengan adanya program Talent Scouting ini kami dapat atlet atlet yang sesuai dengan karakter atau sesuai bidangnya. Dan kami di Dispora terus mengawal ini supaya bibit atlet dari lokal dapat kita bina sejak awal." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top