• Rabu, 24 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan lingkungan guna menghindari musibah. Hal ini disampaikan Edi saat menyambangi korban kebakaran di Jalan Gunung Belah RT 44, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong, Rabu (10/7/24).

Musibah kebakaran tersebut terjadi pada Selasa (9/7/24) sekitar pukul 05.40 WITA, menghanguskan tiga rumah dan satu rumah terdampak. Akibatnya, 6 kepala keluarga dan 12 orang harus kehilangan tempat tinggal.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyatakan bahwa kunjungan ini adalah bentuk silaturahmi sekaligus penyerahan bantuan kebutuhan pokok. "Kelurahan Loa Ipuh dalam bulan ini sudah dua kali mengalami kebakaran. Kebakaran terbaru ini diduga disebabkan oleh korsleting listrik," ujarnya.

Edi menghimbau warga untuk terus meningkatkan kewaspadaan, terutama memastikan kondisi listrik dan kompor sebelum meninggalkan rumah.

"Langkah ini adalah upaya ikhtiar untuk mencegah musibah serupa. Semoga kejadian ini yang terakhir dan tidak terulang lagi," kata Edi.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mendoakan korban agar diberikan kekuatan dan ketabahan.

Sementara Kabid Penanganan Bencana dan Pengelolaan Taman Makam Pahlawan Dinas Sosial Kukar, Riyadi, menyebutkan bahwa bantuan yang diberikan terdiri dari dua jenis: makanan pokok dan peralatan dapur, serta sandang berupa selimut, sarung, dan peralatan mandi. Bantuan ini berasal dari APBN, Kemensos, dan stok darurat lainnya.

"Kami juga menyediakan makanan siap saji dan peralatan tidur seperti selimut dan matras untuk keadaan darurat. Jumlah bantuan disesuaikan dengan kondisi korban, dan satu keluarga bisa mendapatkan bantuan lebih banyak dari biasanya karena stok kami cukup banyak," tutup Riyadi. (Dri/Adv)

Pasang Iklan
Top