• Rabu, 24 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





JAKARTA (KutaiRaya.com) - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meraih penghargaan sebagai salah satu perusahaan dengan pengelolaan program Corporate Social Responsibility (CSR) terbaik di ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) 2024. Berdasarkan penilaian juri lintas profesi, beragam aksi kepedulian AHM untuk negeri ini diapreasiasi dengan penghargaan Gold Champion in Corporate Social Responsibility Program untuk Kelompok Perusahaan Swasta Nasional.

Raihan prestasi ini menjadi bukti nyata komitmen tinggi AHM dalam pengelolaan lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan tata kelola perusahaan yang baik melalui implementasi Environment, Social and Governance (ESG). Di ajang bergengsi ini, AHM berhasil menyisihkan 78 perusahaan melalui pemaparan program "Kolaborasi Penyelamatan Lingkungan dalam Upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Bandung Barat”. Program ini merupakan kegiatan pengembangan Kampung Berseri Astra Honda Cidadap Eco Village serta konservasi keanekaragaman Hayati yang dilakukan AHM bersama Pemda Jawa Barat. Kolaborasi pentahelix mengajak masyarakat untuk melakukan perbaikan ekosistem di lokasi wisata melalui penanaman bambu, pohon peneduh dan buah lokal dan langka nusantara sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, sekaligus mendukung berbagai UMKM yang mengusung kearifan lokal.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan komitmen tinggi perusahaan untuk menjaga keberlanjutan program CSR dilakukan dengan pendekatan psikologis, geografis, kondisi ekonomi dan sosial. Selaras dengan nilai semangat Satu Hati, sinergi AHM di kegiatan CSR ini bergerak dalam 4 pilar yakni pendidikan, ekonomi, lingkungan dan kesehatan yang mengajak kontribusi aktif para penggerak atau champion di wilayah desa binaan.

"Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami berkolaborasi dengan masyarakat dalam mengimplementasikan program kontribusi sosial yang sesuai kebutuhan masyarakat. Harapannya, konsistensi program ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan serta menginspirasi pihak lain untuk berkontribusi pada negeri ini,” ujar Muhib.

BISRA 2024 menyeleksi aksi CSR puluhan perusahaan melalui empat kali proses penilaian, yakni melalui pengumpulan dokumen-dokumen kegiatan sosial perusahaan, proses verifikasi dokumen, hingga proses wawancara di hadapan para dewan juri. Program CSR terbaik dinilai berdasarkan beberapa aspek seperti Social Return of Investment (SROI), aspek nilai ESG berdasarkan tingkat resiko, dan nilai Return of Asset (ROA) dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan pemerintah.

Apresiasi pengelolaan CSR di Indonesia ini menggandeng dewan juri ahli di bidangnya dengan fokus utama pada kontribusi sosial yang terukur dan berkelanjutan melalui perhitungan Social Return of Investment (SROI). (One)

Pasang Iklan
Top