• Rabu, 24 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan sosialisasi Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Program Magister (S2) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kukar. Sosialisasi tersebut berlangsung di Aula Bappeda Kukar, Selasa (9/7/24).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris BKPSDM Kukar Rokip beserta jajaran, Rektor Unikarta Prof. Dr. Ir. Ince Raden, Prof. Dr. Iskandar, Dr. Ida Bagus Made Agung Dwijatenaya, dan para peserta yang terdiri dari ASN di Kukar.

Sekretaris BKPSDM Kukar Rokip menyampaikan bahwa sosialisasi ini adalah langkah pemerintah dalam memberikan kesempatan bagi ASN yang ingin melanjutkan pendidikan S2 di Unikarta. Pemkab Kukar telah menyediakan beasiswa untuk mereka.

"Tahun ini target kita 87 orang, dan kalau tercapai itu sangat bagus. Tahun lalu capaian kita hanya sekitar 20 persen. Kadang-kadang mindset PNS susah diubah, mereka merasa puas dengan kondisi saat ini dan tidak mau kuliah. Dengan adanya promosi-promosi ini, kami harap dapat mengubah itu," kata Rokip kepada media pada Selasa (9/7/24).

Ia menyebutkan bahwa beasiswa ini terbuka untuk semua perguruan tinggi yang memenuhi syarat minimal berakreditasi baik (B). Saat ini, sebagian besar penerima beasiswa adalah guru-guru yang kuliah di Universitas Terbuka (UT) Samarinda. Unikarta belum memiliki program pasca sarjana, tetapi pendaftarannya akan dibuka pada Juli ini.

"Insya Allah surat pengumumannya sudah saya parap, tinggal dipublish," jelasnya.

Rokip menekankan pentingnya pengembangan kompetensi ASN untuk menghadapi tuntutan Ibu Kota Negara (IKN) dan tantangan global yang semakin tinggi. Ia berharap ASN di Kukar dapat meningkatkan kapasitas mereka melalui pendidikan di perguruan tinggi.

Rektor Unikarta Prof. Dr. Ir. Ince Raden menjelaskan bahwa sosialisasi ini terkait dengan penerimaan mahasiswa baru, khususnya Magister Ilmu Administrasi Publik. BKPSDM, sebagai OPD yang membidangi sumber daya manusia di Kukar, dapat melihat potensi Unikarta dalam menyediakan pendidikan S2 bagi ASN.

"Kami berharap ASN tidak perlu jauh-jauh kuliah di luar kota selama program studi ada di Unikarta. Mereka bisa bekerja sambil kuliah di sini," ujarnya.

Akreditasi Program Magister Administrasi Publik (MAP) di Unikarta sudah sangat baik dan diakui oleh eksternal mutu dan Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Program ini berdiri sejak tahun 2004 dan telah menghasilkan banyak alumni, termasuk tokoh-tokoh penting seperti Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, almarhum Pak Marli, dan Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid.

"Harapan saya adalah agar ASN dapat memanfaatkan peluang yang ada di Unikarta untuk meningkatkan kualitas diri mereka melalui pendidikan formal di S1 maupun S2 di Unikarta,"tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top