• Minggu, 19 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan sosialisasi akreditasi Pendidikan Usia Dini (PAUD) tahun 2024 di Ruang Serbaguna Disdikbud Kukar pada Sabtu (27/4/24).

Menurut Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikbud Kukar, Pujianto, kegiatan ini terkait dengan akreditasi untuk jenjang pendidikan PAUD. Untuk tahun 2024, terdapat 96 kuota akreditasi yang terbagi menjadi dua, dengan 8 di bawah naungan Kemenag dan 88 di bawah naungan Disdikbud.

"Kegiatan sosialisasi ini merupakan program dari PAUD. Kami sudah melakukan sosialisasi dan pendampingan bagi calon sekolah yang akan diakreditasi tahun ini. Setelah disosialisasikan, langkah berikutnya adalah mendampingi ke lapangan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi," ungkapnya.

Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memastikan sekolah-sekolah yang diakreditasi mendapatkan nilai minimal B. Disdikbud Kukar berharap agar sekolah yang diakreditasi bisa lebih matang dalam persiapan, dan mendorong mereka untuk melengkapi aplikasi akreditasi SPENA.

"Strateginya adalah memenuhi satu persatu dari 8 standar akreditasi, termasuk sarana prasarana, kualifikasi guru, dan pembelajaran. Kami juga memberikan motivasi kepada sekolah-sekolah PAUD untuk meningkatkan kualitas," tambahnya.

Syarat untuk mendapatkan akreditasi yang baik adalah tergantung pada skor yang diperoleh dalam 8 standar yang telah ditetapkan. Disdikbud Kukar berharap agar semua sekolah yang diakreditasi dapat mencapai minimal skor B.

"Harapan kami adalah agar teman-teman terdorong dan mendapatkan hasil yang memuaskan dari akreditasi ini," tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top