• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah bersama Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman, Dandim 0908 Bontang Letkol Inf Aryo Bagus Daryanto, Polres Bontang AKBP Alex FL Tobing, Dandim 0906 Kukar Letkol CZI Damai Adi Setiawan, menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pengamanan Pilkada 2024. Penandatanganan tersebut dilangsungkan diruang eksekutif kantor Bupati Kukar, Senin (4/3/2024).

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan bahwa NPHD dilakukan antara Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Dandim Bontang, Kapolres Bontang, Dandim Kukar, dan Kapolres Kukar. Hal ini dilakukan karena wilayah Kukar memiliki teritori yang masuk ke Kodim 0908 Bontang dan Polres Bontang, serta wilayah yang masuk ke Kodim 0906 Kukar dan Polres Kukar.

"Kegiatan ini merupakan komitmen Pemkab Kukar untuk mendukung pelaksanaan Pilkada agar berjalan dengan baik, lancar, dan sukses."kata Edi.

Sementara Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti, menyebutkan bahwa dalam NPHD ini disepakati anggaran pengamanan Pilkada untuk Polres Kukar sebesar Rp 8 miliar, Kodim Kukar Rp 2 miliar, Polres Bontang Rp 1 miliar lebih, dan Kodim Bontang sekitar Rp 600 juta.

"Untuk NPHD ini diserahkan sekaligus anggaranya. Dukungan dan suport yang kami berikan terhadap pelaksanaan Pilkada 2024 sudah terpenuhi. Tinggal nanti teman-teman instansi menjalankan tahapannya." jelasnya.

NPHD untuk KPU sudah dilakukan tahun sebelumnya, dan anggaran sebagian telah dicairkan. Sisa anggaran akan dicairkan setelah KPU menyelesaikan tugasnya.

Rinda menambahkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada menjadi indikator penting dalam demokrasi. Jika berkaca pada pilkada tahun 2020 itu hanya 50 persen. Ini menjadi PR bersama bukan hanya pemerintah tapi juga kelompok masyarakat.

"Untuk itu kami meminta semua pihak termasuk aparat keamanan, KPU dan Bawaslu juga harus menghimbau untuk mengedukasi masyarakat terus memberikan edukasi berkaitan dengan pentingnya untuk berpartisipasi pada tanggal 27 November 2024 pada saat pemungutan suara mendatang." tutupnya. (dri)

Pasang Iklan
Top