• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Relawan Infaq Marangkayu Bantu Bedah Rumah dan Santunan Duafa

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Relawan Infaq Marangkayu aktif membantu pemerintah dalam mengatasi kemiskinan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan memberikan bantuan kemanusiaan. Kegiatan ini meliputi bedah rumah dan santunan kepada masyarakat kurang mampu, seperti anak yatim, kaum duafa, dan masjid.

Ketua Relawan Infaq Marangkayu, Safrijal, menjelaskan bahwa relawan ini berdiri sejak 31 Mei 2018 dan kini sudah ada 230 relawan. Selama dua tahun terakhir telah menyalurkan bantuan di daerah Marangkayu, Muara Badak, Bontang, dan Kutim. Bantuan yang disalurkan berupa paket sembako dan uang tunai, dengan target khusus di beberapa desa.

"Dalam menggalang dana, kami tidak sendirian, melainkan dibantu swadaya teman-teman. Setiap bulan, dana dikumpulkan secara transparan dan seluruhnya disalurkan untuk membantu masyarakat kurang mampu," ungkap Safrijal Minggu (4/2/24).

Relawan Infaq Marangkayu tidak memiliki gaji, dan semua dana yang terkumpul disalurkan untuk membantu sesama. Mereka bekerja secara mandiri, dan setiap bulan memiliki target khusus, seperti membantu anak yatim, kaum duafa, dan proyek bedah rumah.

"Jadi kita monitoring terus tapi dilihat perkembangan penerima bantuan. Apabila ekonomi penerima bantuan tersebut sudah tidak ada, kita target khusus setiap bulan berupa uang tunai. Ada tiga target khusus kami yakni di daerah Desa Semangko 1, Desa Sebuntal dan di Desa Santan Ilir." ujarnya.

Ia menyebut untuk target sekitar 5 - 7 target setiap bulannya, digabung baik untuk kaum duafa,dan ke masjid. Dan kebetulan bulan lalu relawan dapat target bedah rumah. Jadi untuk bedah rumah yang selama ini memprihatinkan.

"Terkait relawan ini kami sampaikan, kebetulan dari pemerintah bahwa kita tidak pernah ada di belakang dan di depan pemerintah tapi selalu beriringan saling membantu. Dan untuk bedah rumah ini kami kerjakan sendiri dan tukangnya dari relawan di Marangkayu." sebutnya

Hingga saat ini, relawan ini telah berhasil melakukan bedah rumah untuk 7 rumah dari nol, tersebar di beberapa lokasi. Dengan keberlanjutan kegiatan ini, relawan infaq berupaya memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar mereka.

"Kami berharap semakin banyak orang yang peduli, karena di sekitar kita masih banyak yang membutuhkan. Berbagi merupakan kesenangan dan kebahagiaan tersendiri,"pungkasnya. (dri)

Pasang Iklan
Top