• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



20 Kecamatan Kukar ikut serta untuk memeriahkan peringatan Peristiwa Merah Putih Sanga sanga.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga tahun ini diselenggarakan lebih meriah dari tahun sebelumnya, dangan melibatkan 20 kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara (Kukar).

Peristiwa Merah Putih Sangasanga menjadi agenda tahunan yang diperingati setiap 27 Januari. Hal ini bertujuan untuk menghargai jasa-jasa pahlawan.

Muhammad Dachriansyah, Camat Sangasanga, mengatakan bahwa tahun ini acara lebih meriah dengan keikutsertaan 20 kecamatan dari Kukar. Rangkaian acara dilaksanakan seperti Perlombaan olahraga bola voli Bupati Cup, dengan melibatkan seluruh kecamatan. Ada juga lomba ketapel dan panahan yang diundang pesertanya dari berbagai daerah di Kalimantan Timur.

"Tak hanya perlombaan olahraga saja, bagi para pengunjung wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah bakal dipertontonkan perlombaan balap ketinting yang bisa diikuti siapa saja dan dari daerah mana saja tanpa terkecuali," ujar Dachri Jum'at (26/1/24).

"Open turnamen ketinting kami buka untuk umum, dilaksanakan di Sungai Sangasanga, Voli Bupati Cup di lapangan depan makam Pahlawan Sangasanga, ketapel dan panahan dialokasikan di BPU Kecamatan," sebutnya.

Ia menyebut bahwa kegiatan kemeriahan Peristiwa Merah Putih ini bakal dilaksanakan selama satu pekan mulai 25 Januari hingga 2 Februari. Pada awalnya, pihak panitia ingin memajukan kegiatan dari tanggal 21-27 Januari tapi mengingat bahwa situasi dan kondisi maka di kembalikan ke jadwal semula yaitu dimulai 25 Januari dan berakhir di tanggal 2 Februari 2024.

"Untuk mensukseskan kegiatan ini, kami telah berkoordinasi dengan panwas kecamatan, Bawaslu kabupaten, serta pihak kepolisian untuk mendapatkan izin yang diperlukan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan ini berjalan lancar dan aman tanpa gangguan keamanan." tutupnya. (dri)

Pasang Iklan
Top