• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KuraiRaya.com) Calon Presiden (Capres) Nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan melakukan kunjungan ke Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, pada Kamis (11/1/24). Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dan makan bersama Sultan Aji Muhammad Arifin.

Anis bersama rombongan yang datang dari Samarinda tiba di Kedaton Kesultanan pada pukul 12.30 wita, dan disambut oleh Sultan dan para simpatisan Amin dengan tradisi tepung tawar dan penarikan tali kuning sebagai salah satu tradisi kesultanan jika ada tamu yang datang.

Kegiatan dilanjut masuk ke dalam kedaton untuk mengikuti prosesi selanjutnya, yakni pemberian cendera mata berupa songkok senur dan menyaksikan beberapa tarian penyambut dari kesultanan, kemudian dilanjut dengan makan siang bersama dan diakhiri bertemu dengan simpatisan di depan Monumen Pancasila sebelum akhirnya meninggalkan kota Tenggarong.

Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan bahwa kunjungan ke kedaton ini merupakan kunjungan yang mengesankan. Ia juga bersyukur sekali berkesempatan untuk bersilaturahmi bersama yang mulia Sultan Muhammad Aji Arifin dan Ratu Hj Sekar Asih,

"Sebuah kehormatan bagi kami untuk bersama-sama bersilaturahmi dan ini harus kita hargai serta apresiasi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura sebagai warisan budaya yang sudah amat panjang, sebagai salah satu kerajaan tertua di Indonesia." ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kedepan Kesultanan ini terus terjaga dan bisa menjadi rujukan serta menjaga nilai budaya.

"Jadi saya bersilaturahmi ke sini untuk menyampaikan tentang amanat yang kami emban sekaligus juga menyampaikan rencana tentang kami ingin agar Kaltim yang kaya akan sumber daya alam menjadi kawasan yang warganya juga merasakan kemakmuran."katanya.

Kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Haryo Suryadi Kusuma mengucapkan terima kasih atas perhatian dan atensi dari Capres Nomor urut 1 Anis Rasyid Baswedan terhadap Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

"Secara pribadi Sultan Kutai Kartanegara Ing Martapura Drs Aji Muhammad Arifin beliau memberikan restu yang luar biasa kepada bapak Anies untuk masuk dalam kontestasi pilpres ini. Harapannya ketika terpilih nanti beliau mengikatkan hati kepada Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura." tutupnya. (dri)

Pasang Iklan
Top