• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pada tahun 2024, Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutai Kartanegara (Kukar) yang berlokasi di Jalan Stadion Aji Imbut, Desa Teluk Dalam, Tenggarong Seberang akan kembali dilanjutkan pembangunannya. Anggaran dialokasikan sebesar Rp 2,5 miliar.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Baznas Kukar, Shafik Avicenna pada Rabu (10/1/24).

Shafik menjelaskan bahwa gedung kantor Baznas yang terdiri dari 2 lantai dengan luas lahan 1,5 hektare tersebut sebelumnya telah dibangun oleh pengurus Baznas pada periode sebelumnya. Konstruksi bangunan tersebut dimulai pada tahun 2012 namun terhenti. Kini, pembangunannya akan dilanjutkan.

"Tahun ini kami melanjutkan pembangunan gedung yang sebelumnya telah dibangun oleh pengurus Baznas sebelumnya. Konstruksi tiang sudah selesai, tinggal dinding, finishing, dan interior."katanya.

Targetnya adalah pada bulan April nanti, meskipun belum 100 persen selesai, lantai 1 gedung akan dapat digunakan. Sementara anggaran untuk pembangunan tahun 2023 sebesar Rp 2,5 miliar, menggunakan APBD perubahan, dan tahun 2024 juga disediakan anggaran yang sama dari APBD murni.

"Pembangunan kantor Baznas ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi Dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS), dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) di Kukar, serta membantu mengatasi masalah kemiskinan di daerah tersebut. Berdasarkan studi kebijakan Baznas RI, potensi zakat ASN dan Non-ASN/pegawai perusahaan di Kukar mencapai sekitar Rp 1 triliun per tahun." ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa proyek ini awalnya sudah dirintis sejak tahun 2007/2008, dan terakhir dibangun pada tahun 2012. Dalam arahan dari Bupati, pembangunan ini perlu segera diselesaikan dengan catatan bahwa kinerja Baznas juga harus sesuai standar.

Gedung Baznas ini akan menjadi kantor pemerintah struktural, menyediakan ruang pelayanan untuk muzaki dan mustahiq, serta ruang-ruang lainnya untuk keperluan administrasi, keuangan, dan layanan publik. Lantai dua akan dialokasikan untuk organisasi Islam yang belum memiliki kantor.

"Saat ini, pembangunan telah mencapai 27 persen, namun ini diluar progres yang sudah ada sebelumnya. Harapannya, tahap pertama selesai pada akhir Maret untuk digunakan dengan memasang mebeler sesuai kebutuhan."katanya. (dri)

Pasang Iklan
Top