• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





SAMARINDA (KutaiRaya.com) – Pasca libur akhir tahun, lalu lintas kota Samarinda dan sekiranya perlahan kembali dipadati oleh pengguna kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Mengingat hal ini, tentu perlu diperhatikan beberapa faktor bagi para pengendara yang kembali beraktivitas harian .

Astra Motor Kaltim 2 melalui Fajrin Nur Huda menyampaikan, hal yang paling penting ketika kembali beraktivitas pasca libur panjang ialah kondisi kendaraan dan fokus pengendara agar keselamatan dan kemanan dalam berkendara dapat tercapai hingga sampai tujuan dengan selamat.

"Siapapun pengguna jalan raya, baik motor, mobil, truck, bus tentu penting menjaga keselamatan berkendara. Hal ini untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan raya. Bagi masyarakat yang kembali beraktivitas pasca libur panjang, penting bagi anda untuk selalu mengecek kondisi kendaraan dan tetap fokus selama berkendara dengan tips #Cari_Aman”. Ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia memaparkan apa saja tips #cari_aman yang perlu diperhatikan para pengengara saat berkendara harian setelah libur panjang :

1. Lakukan Perawatan Rutin Sepeda Motor
Jika Anda kesehariannya menggunakan sepeda motor, tentu penting bagi Anda untuk rutin melakukan perawatan pada sepeda motor Anda. hal ini dikarenakan sepeda motor yang tidak dilakukan perawatan maka Akan mempengaruhi kinerja sepeda motor Anda.

Selain itu, melakukan perawatan sepeda motor biasa dilakukan dengan pengecekan secara menyeluruh baik kondisi system kelistrikan, lampu, system pengereman dan berbagai system lainnya agar aman saat digunakan dalam berkendara. Sepeda motor yang terawat akan membuat pengendara merasa aman dalam berkendara.

2. Gunakan Safety Gear (Perlengkapan Berkendara)
Walaupun Anda sudah ahli dalam menggunakan sepeda motor sehari-harinya, namun tetap penting bagi Anda melakukan atribut keselamatan berkendara seperti helm, jaket, dan sepatu. Meski terlihat sepele, namun hal tersebut sangat mempengaruhi tingkat keselamatan Anda dalam berkendara sehari-hari.

Tidak terlihat norak, justru penggunaakn safety gear akan membuat Anda tampil keren dalam berkendara. Selain keren, Anda juga akan terjaga keselamatannya. Tidak hanya helm, jaket, dan sepatu, safety gear juga termasuk dalm surat-surat berkendara. Untuk itu, persiapkan safety gear dalam berkendara ya.

3. Berkendara Sewajarnya
Mungkin Anda yang sudah terbiasa berkendara sudah hafal dengan medan yang ditempuh di jalan tersebut. Namun, biasanya, banyak pengendara yang jika sudah hafal medan justru seenaknya dalam berkendara seperti melakukan gas dengan kecepatan tinggi.

Namun, hal itu sangat tidak diperbolehkan, pastikan Anda berkendara sewajarnya dan utamakan keselamatan Anda. meski Anda sudah tahu medan yang akan dilalui, namun tidak menutup kemungkinan akan ada banyak hal yang akan Anda temui selama menempuh jalan tersebut.

Pastikan Anda mengontrol kecepatan selama berkendara agar membuat Anda aman dalam berkendara dan aman bagi pengguna jalan lain. Batasi kecepatan yang aman dan atuhi segala aturan lalu lintas yang ada.

4. Prioritaskan Pejalan Kaki
Biasanya, pengendara sepeda motor ada sebagian yang tidak peduli dengan pejalan kaki, ada trotoar yang seharusnya digunakan pejalan kaki justru dimanfaatkan pengendara sepeda motor untuk parkir atau untuk melewati macet. Tentu hal ini disalahkan karena trotoar memang dibuat untuk pejalan kaki. (One)

Pasang Iklan
Top