• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung di Objek Wisata Planetarium Jagad Raya Tenggarong, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) merencanakan penambahan teropong.

Teropong merupakan alat optik untuk menangkap objek yang sangat jauh, akan menjadi salah satu fasilitas tambahan. Fungsinya adalah untuk melihat bintang-bintang atau objek langit lainnya secara detail.

"Setelah dibuka pada 1 Januari, planetarium sudah penuh pengunjung. Harapannya akan tetap penuh ke depannya. Menurut saya, planetarium adalah langka di Kalimantan Timur dan Kalimantan pada umumnya. Tempat ini memiliki nilai edukasi yang penting," ungkap Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo, pada Selasa (2/1/24).

Slamet memgungkapkan keinginannya untuk mengembangkan objek wisata planetarium dengan menambah teropong, namun, tahap awal akan difokuskan pada penayangan film antariksa di planetarium.

"Film yang ditampilkan di planetarium memiliki nilai edukasi yang berbeda. Planetarium adalah hal yang langka, bukan hanya di Kaltim, tetapi juga di Indonesia." jelasnya.

Untuk proyek saat ini adalah menghidupkan film tentang antariksa terlebih dahulu. Harapannya adalah memiliki teropong bintang di sekitar planetarium. Pembangunan teropong sedang direncanakan,

"Kami juga berharap adanya teropong baru dapat meningkatkan daya tarik planetarium dan meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah. Dengan demikian, diharapkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata juga akan meningkat." pungkasnya. (dri)

Pasang Iklan
Top