• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkunjung ke Kutai Kartanegara (Kukar). Kunjungan itu dalam rangka silaturahmi dan sowan ke Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin, Rabu (6/12/23).

Kedatangan Ganjar bersama Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Timur Irjen Pol (Purn) Safaruddin, Raja Gowa KPH Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukajannangngang Satrio Sasmito beserta rombongan di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara yang berada di jalan Monumen Timur Tenggarong disambut langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martapura Aji Muhammad Arifin, Ketua DPC PDI Perjuangan Kukar Edi Damansyah, dan ratusan pendukung Ganjar.

Kedatangan mantan Gubernur Jawa Tengah itu pun langsung disambut ritual tepong tawar, ketikai lepas dan beras kuning. Ritual adat ini dilakukan langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura, Aji Muhammad Arifin, kemudian dilanjutkan dengan penampilan tarian topeng panji dan tari ganjar ganjur.

Kerabat Kesultanan Ing Martadipura Raden Heriyansah mengatakan bahwa kedatangan Capres Ganjar Pranowo untuk meningkatkan hubungan silaturahmi, menjadi salah satu tempat yang dikunjungi oleh Capres nomor 3 pada kontestasi pemilu pilpres 2024 merupakan kesempatan mengenalkan adat istiadat budaya kesultanan Kukar.

"Dimana Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura memiliki makna yang strategis dan ikatan sejarah yang tidak terpisahkan dengan negara indonesia." ungkapnya.

Ia berpesan kepada Capres Ganjar Pranowo membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kompetensi, mempunyai skill dan integritas dengan menanamkan nilai kejujuran bersama kerja keras dan kemandirian.

Kedua lakukan proses hilirisasi terhadap komoditi sumber daya alam yang ada di Indonesia. Ketiga tantangan dunia politik kedepan semakin sulit dimana Indonesia harus mampu manfaat dari pergeseran global. Dan ke empat lakukan langkah langkah konkret untuk menjadi negara yang maju.

Sementara Capres Ganjar Pranowo mengatakan Provinsi Kaltim termasuk provinsi kategori papan atas di Indonesia, wilayahnya sangat luas, kekayaanya luar biasa, ada sumber daya alam yang mendapatkan hasil nilai tambah.

"Jadi yang harus digenjot adalah SDM, maka seluruh kekayaan yang masuk dikelola dengan baik ditata dengan baik, ada kontribusi untuk masyarakat sekitar, pendapatan untuk negara dan pendapatan yang harus dikembalikan untuk mengembangkan SDM masyarakat." ungkapnya.

Dan itu bisa dilakukan kalau generasi muda mudah mengakses pendidikan. Kalau pendidikannya sulit, mahal, tidak akan terjadi apa apa. Tapi kalau pendidikannya mudah dan murah bahkan gratis maka wajib belajar 12 tahun menjadi suatu keharusan minimal.

"Dari segi pariwisata juga menjadi potensi yang sangat bagus sekali. Kami berharap dengan keanekaragaman budaya yang ada di Kukar bisa dipersatukan. Saya ucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan kepada kami dan tentunya akan menjadi catatan dan menjadi masukan saya." tutupnya. (dri)

Pasang Iklan
Top