• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





KUKAR (KutaiRaya.com) - Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Salehuddin, S.Sos, S.Fil, M.AP kembali melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Soswabang), kali ini berlangsung di Desa Kota Bangun III Kecamatan Kota Bangun Darat, Kutai Kartanegara, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Kantor Kemenag Kukar H. Nasrun dihadiri tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK dan pemuda setempat antusias mengikuti kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, Salehuddin mengatakan, bahwa kegiatan Soswabang ini adalah kegiatan rutin DPRD Kaltim yang bertujuan menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air.

"Ditengah zaman modern seperti saat ini, diperlukan penguatan rasa nasionalisme. Agar tidak tergerus oleh ideologi yang bertentangan dengan bangsa maka masyarakat harus paham terhadap tujuan dalam hidup berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Ia mengaku, dalam kegiatan ini pihaknya menyampaikan 4 Konsensus kepada masyarakat, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, hingga NKRI. Ini yang harus masyarakat pahami.

"Saya berharap dari sosialisasi tersebut masyaraat jadi paham. Dan dapat menerapkannya dalam bersosialisasi di Tengah masyarakat Lainnya. Sehingga bisa merubah perilaku. Dan menjaga agar tidak terpapar paham-paham yang merusak kesatuan dan persatuan bangsa dan negara kita," terangnya.

Pada dasarnya, politisi Golkar ini menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap materi muatan wawasan kebangsaan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan daerah berasaskan wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya mengharapkan, masyarakat dapat mengenal dan mengetahui empat Konsensus Kebangsaan, pentingnya Pancasila sebagai Dasar Negara, UUD 1945 sebagai konstitusi bernegara, NKRI sebagai bentuk Negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara serta membentuk karakter nasionalisme dan kebangsaan, " pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top