• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) mengapresiasi Kemendikbudristek dan Tanoto Foundation atas bantuan buku baca yang diberikan untuk meningkatkan literasi di Kukar. Bantuan tersebut diserahkan di SDN 018 Tenggarong Seberang, Senin (27/11/23).

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pendidikan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Ahmad Nurkhalish, Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan komitmennya untuk terus meningkatkan indeks literasi masyarakat.

"Program Pembangunan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) yang dilakukan oleh Pemkab Kukar melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) telah memberikan dampak positif dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) menjadi 77,49 persen pada tahun 2022." jelasnya.

Diarpus Kukar melaksanakan berbagai agenda literasi, termasuk Festival Pelangi Literasi, Lomba Bertutur, Penganugerahan Duta Baca Pelajar, Pemberian Penghargaan Pegiat Literasi, dan Penulis Buku Kabupaten Kukar Tahun 2023.

Dalam konteks peningkatan literasi, Disdikbud Kukar juga menciptakan Portal Kukar Pintar Idaman yang menyediakan bahan pembelajaran, perangkat, dan video yang dapat diakses secara gratis.

"Kami berharap bahwa bantuan buku dari Kemendikbudristek dan Tanoto Foundation dapat membantu mewujudkan peningkatan literasi masyarakat, sesuai dengan visi misi Kukar Idaman yang mengedepankan inovasi, daya saing, dan kemandirian." ungkapnya.

Sementara Kepala Sekolah SDN 018 Tenggarong Seberang, Sumiyati, menyambut baik bantuan ini dan mengungkapkan kesiapannya dalam menjalankan program yang telah direncanakan. SDN 018 Tenggarong Seberang berharap agar program ini tidak hanya berlaku di sekolah ini saja, tetapi dapat diperluas ke sekolah lainnya.

"Jumlah buku yang diserahkan mencakup 156 judul dengan total 624 eksemplar, dan distribusi buku direncanakan pada bulan Februari 2024." sebutnya.

Ia mengatakan bahwa program PINTAR dari Tanoto Foundation juga mendukung pembelajaran aktif untuk meningkatkan kemampuan literasi. Dengan melibatkan 25 kabupaten di Indonesia, Tanoto Foundation berupaya memperbaiki kemampuan literasi di berbagai daerah. (dri)

Pasang Iklan
Top