• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





KUKAR (KutaiRaya.com) - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin S.Sos, S.Fil, M.AP menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Soswabang) di Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang, Sabtu (25/11/2023).

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Kantor Kemenag Kukar H. Nasrun, dihadiri tokoh masyarakat, ibu-ibu dan pemuda warga setempat.

Salehuddin mengatakan, kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"Kegiatan ini penting dilaksanakan, Soswabang merupakan cara legislatif menyuarakan rasa cinta Tanah Air kepada masyarakat. Salah satunya dengan memahami Pancasila sebagai landasan hidup Warga Negara Indonesia (WNI), " ujar politisi Golkar ini.

Ia menjelaskan, dalam setiap butir Pancasila adalah cerminan kita sebagai bangsa Indonesia. Harus bersatu, saling menghargai, tidak boleh bercerai-berai, saling asah asih, dan asuh terhadap tetangga, terhadap umat dan kaum kita.

"Kita juga harus gotong royong terhadap lingkungan dimana kita tinggal. Falsafah dimana bumi kita pijak, langit kita junjung menjadi sebuah tekad keyakinan di dalam diri kita bersama-sama mempunyai tanggung jawab yang sama," tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga salah satu tanggung jawab DPRD Kaltim dalam rangka membangun landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terdiri dari landasan ideologi Pancasila, Konstitusi, persatuan dan kesatuan serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia dan pembangunan di daerah.

"Rasa Nasionalisme yang kuat menjadi faktor penting dalam upaya menjaga persatuan dan memajukan suatu bangsa. Dalam upaya meningkatkan rasa nasionalisme tersebut saya dan anggota DPRD Kaltim lainnya kembali turun langsung ke masyarakat dalam rangka sosialisasi wawasan kebangsaan," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top