• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) SMP Negeri 1 Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan inisiatif membuka dua sekolah binaan, yakni Tempat Kegiatan Belajar (TKB) 1 dan TKB 2, untuk memfasilitasi anak-anak yang berada di daerah terpencil.

Kepala SMP N 1 Muara Wis, Al Junaid, mengatakan bahwa pembukaan TKB ini bertujuan untuk mengurangi angka putus sekolah di daerah yang jaraknya cukup jauh dari SMPN 1 Muara Wis.

"TKB ini merupakan sebuah SMP terbuka yang telah berdiri sejak tahun 2000-an. Sistem pembelajarannya memungkinkan anak-anak untuk belajar dua hari tatap muka dan empat hari belajar mandiri." ujar Al Junaid Senin (20/11/2023).

Hal ini memungkinkan mereka membantu orang tua di rumah. Proses pembelajaran dilakukan dengan bantuan tenaga pendidik dari SMPN 1 Muara Wis, yang berkunjung ke SMP Terbuka tersebut untuk memberikan pengajaran.

"Meskipun tidak ada gaji untuk tenaga pengajar di SMP Terbuka, sebagai kepedulian terhadap pendidikan anak-anak di daerah terpencil. Pamong belajar yang ditempatkan merupakan lulusan SMA atau alumni dari SMP Terbuka yang sudah menyelesaikan pendidikan tinggi dan kembali ke tempat asalnya."katanya.

Al Junaid mengungkapkan bahwa pembinaan ini mendapat dukungan dari pemerintah melalui Dana Operasional Sekolah (BOS) di SMPN 1 Muara Wis dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar.

"Dengan adanya sekolah terbuka ini, kami harapkan generasi penerus bangsa di daerah terpencil dapat tetap mendapatkan pendidikan meskipun dihadapkan pada berbagai kesulitan dan kondisi geografis." pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top