• Sabtu, 27 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Kampong Kuliner Tradisional ke-4 merupakan agenda tahunan yang inisiasi oleh Komunitas G7 Muda dan Kreatif Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong. Kegiatan berlangsung di Gang 7 RT 6 Kelurahan Baru Minggu (5/11/23)

Kegiatan ini dimulai dengan Pawai bersama yang dilepas oleh Lurah Baru Bayu Ramanda Baninugraha dan diakhiri dengan acara Beseprah (makan bersama). Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5 hingga 11 November 2023.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggerakkan ekonomi masyarakat setempat dan memperkenalkan kembali kesenian dan budaya tradisional Kutai.

Lurah Baru Bayu Ramanda Baninugraha mengatakan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh warga RT 6 khususnya di Gang 7 Kelurahan Baru. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengangkat kebudayaan kutai yang kadang-kadang timbul tenggelam.

Dan saatnya Pemerintah Kelurahan Baru bersama warga untuk megggeliatkan kembali kearifan lokal yang ada supaya tau, ini identitas di Kelurahan Baru. Karena selama ini orang taunya adat kutai bisa dilihat dari lingkup kerajaan, namun ada hal-hal yang menarik di masyarakat.

"Kegiatan tahun ini yang ke empat dan alhamdulilah tahun ini dapat bantuan dari pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata. Dan antusias masyarakat dengan adanya kegiatan ini cukup meriah, " ungkapnya.

Harapannya dengan adanya kegaitan ini, dapat memacu masyarakat agar semuanya berdampak. Kerena Kelurahan Baru ini adalah Kelurahan yang terkecil di Tenggarong, untuk itu kedepan bisa lebih menggeliat lagi ekonomi masyarakat.

Ketua Panitia Festival Kampong Kuliner Tradisional ke-4, Ihza, menyatakan bahwa kegiatan ini mencakup berbagai kegiatan, termasuk pawai, beseprah, lomba olahraga tradisional, lomba mewarnai, lomba karaoke, serta hiburan seperti tingkilan dan tarian. Selain itu, terdapat 17 stan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menawarkan makanan khas Kutai, seperti binka, sanggar berbagai macam kue serabi, dan lainnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meriah dan memberikan manfaat bagi para UMKM dan ekonomi masyarakat setempat. Mereka berharap agar dukungan terus mengalir untuk kegiatan semacam ini agar bisa lebih meriah dan memberikan keuntungan bagi para UMKM. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top