• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang, terus berupaya meningkatkan potensi pertanian dan Sumber Daya Manusia. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan diri menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah, mengatakan bahwa Desa Tanjung Batu merupakan lokasi pengembangan kawasan cadangan pangan strategis nasional. Pengembangan ini melibatkan masyarakat setempat, TNI, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dan pelaku usaha di Tenggarong Seberang.

"Desa Tanjung Batu memiliki lebih dari 460 hektar lahan untuk pengembangan cadangan pangan nasional, termasuk pertanian padi, tanaman hortikultura seperti jahe dan cabai, serta budidaya perikanan." ungkapnya.

Selain sektor pertanian, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Batu juga berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa dengan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan dan upaya dalam mengembangkan ketahanan pangan.

"Desa Tanjung Batu juga telah diakui sebagai salah satu dari 24 desa mandiri di Kutai Kartanegara (Kukar), yang merupakan hasil dari upaya Pemdes Tanjung Batu dalam mengatasi berbagai tantangan dalam pembangunan infrastruktur dan pengembangan desa." jelasnya

Upaya ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah melalui Program Kukar Idaman dalam pengembangan infrastruktur sangat dibutuhkan, khususnya jalan yang mendukung potensi wisata di Desa Tanjung Batu.

"Peningkatan infrastruktur, termasuk konektivitas jalan, kam harapkan dapat memperkuat pertumbuhan dan potensi pariwisata di desa ini." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top