• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Kartanegara rampung menggelar program Padat Karya di Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong yang dimulai sejak 27 Oktober 2023 lalu.

Kepala Bidang Pemberdayaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnakertras Kukar, Syarifah Rosita menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur drainase dan mengembangkan budidaya hewan ternak, dan kali ini dilaksanakan di dua Rukun Tetangga (RT) Kelurahan Maluhu, yakni di RT 17 dan RT 18.

"Alhamdulillah program kali ini di Maluhu sudah rampung, dan hasilnya semoga dapat dirasakan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, programnya terbagi menjadi dua yakni Padat Karya Produktif berupa pembuatan kandang dan bantuan bibit kambing. Kemudian, Padat Karya Infrastruktur berupa normalisasi parit atau drainase.

"Selain pembuatan kandang kambing, kami juga memberikan bibit kambing sebanyak 20 ekor, terbagi 5 ekor jantan dan 15 betina kepada kelompok ternak, hal ini ebih dari sekedar inisiatif pengendalian inflasi, program ini juga bertujuan mengurangi angka pengangguran di Kukar. Harapannya, dengan budidaya kambing, masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan perekonomian," paparnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan Padat Karya yang berlangsung selama 10 hari ini melibatkan puluhan warga di RT 17 dan 18. Masyarakat setempat diperdayakan untuk pengerjakan pembuatan kandang kambing dan normalisasi drainase.

"Selama bekerja, warga dibayar sebesar Rp 150 ribu per hari. Anggaran tersebut, bersumber dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kukar, masyarakat setempat, baik laki-laki dan perempuan diperdayakan untuk pengerjakan pembuatan kandang kambing dan normalisasi drainase," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top