• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRay.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Expose Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-44 tingkat Kabupaten Kukar. Kegiatan berlangsung di Pendopo Odah Etam, Tenggarong Kamis (2/11/23)

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekertaris Derah Kukar Sunggono, didampingi Kabag Kesra Dendy Irwan Fahreza, Kepala Kantor Kementrian Agama Kukar H Nasrun, dan Camat Kota Bangun Darat Julkifli, serta dihadiri seluruh Camat.

Diketahui bahwa pelaksanaan MTQ ke-44 tersebut bakal digelar di Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun Darat pada 10 - 16 November 2023.

Sekda Kukar Sunggono mengatakan, MTQ adalah merupakan sarana agar umat Islam lebih tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an ditengah derasnya arus globalisasi dan digitalisasi sehingga terlahir pribadi-pribadi yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi namun tetap rendah hati.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi Camat Kota Bangun Darat selaku Ketua Umum Panitia Pelaksana beserta seluruh jajarannya mampu mengemban amanah yang diberikan untuk menyelenggarakan perhelatan akbar MTQ Ke-44 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2023." ucap Sunggono

Kegiatan ekspose ini hendaknya juga bisa dijadikan sarana evaluasi secara menyeluruh atas pelaksanaan MTQ tahun sebelumnya dengan memperhatikan kekurangan dan kelebihannya, kekurangan harus kita perbaiki sedangkan yang kelebihan harus kita tingkatkan.

"Dan saya yakin Panitia pelaksana juga telah belajar banyak dengan Kecamatan Loa Kulu sebagai tuan rumah MTQ ke-43 Tahun 2022 yang lalu, sehingga pelaksanaan MTQ tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya." jelasnya.

Sementara Camat Kota Bangun Darat Julkifli mengatakan bahwa untuk persiapan MTQ ke-44 saat ini sudah mencapai 60-70 persen. Karena persiapan sudah dilakukan sejak bulan September lalu. Sesuai arahan dan keputusan Bupati Kukar, Edi Damansyah, melalui Surat Keputusan. Menyiapkan segala sesuatunya bersama tim panitia pelaksana yang dibentuk oleh Kecamatan Kota Bangun Darat.

"Kami optimis persiapan akan rampung hingga di H-2 pelaksanaan. Baik itu panggung utama, pemondokan dan persiapan-persiapan lainnya." ungkapnya.

Ia menyebut, sejumlah masukan dan permintaan disampaikan oleh masing-masing perwakilan kecamatan yang hadir dalam rangkaian diskusi Ekspose MTQ ke-44. Mulai dari penyiapan konsumsi untuk peserta, lokasi pemondokan hingga fasilitas mendasar seperti kamar mandi dan kamar kecil untuk para kafilah yang datang dan bertanding.

"Dan sejauh ini tidak ada kendala dalam persiapan pelaksanaan. Kami berharap agar dalam pelaksananya nanti berjalan lancar, sesuai yang diharapkan." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top