• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin, S.Sos, S.Fil, M.AP)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) Tepat 28 Oktober 2023, Hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun, tentu banyak harapan dari masyarakat, salah satunya anggota Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin, S.Sos, S.Fil, M.AP.

Politisi Golkar ini mengatakan, Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda yang pertama adalah menyatukan perjuangan bangsa Indonesia. Perjuangan para pemuda berakhir dengan perolehan kemerdekaan bangsa.

"Makna Sumpah Pemuda yang kedua adalah sebagai rasa cinta tanah air. Kemerdekaan Indonesia didapatkan dari perjuangan ratusan tahun yang melibatkan pengorbanan jiwa dan harta benda rakyat. Sumpah Pemuda menyumbangkan besar pada gerakan kemerdekaan sebagai cerminan rasa cinta yang besar para pemuda kepada tanah air. Termasuk mencintai keragaman budaya, keyakinan, bahasa, dan suku," terangnya.

Ia berharap ini menjadi momentum bagaimana pemuda di Kukar khususnya mendapatkan haknya. Karena banyak program pembangunan yang didorong Kepala Daerah baik Kabupaten Kota maupun provinsi kadang-kadang tidak sinergis dan tidak bersinggungan langsung dengan kepemudaan.

"Sebenarnya tahun ini ada target di provinsi Kaltim ada sekitar dua ribu pemuda pelopor yang menjadi visi dan misi Pemprov Kaltim, saya pikir ini masih kurang, harapannya tidak hanya aspek formalitas saja tapi juga momen Sumpah Pemuda ini justru menjadi peneguh sekaligus juga bagaimana kita bisa berkonsentrasi terhadap pembangunan kepemudaan secara umum di Kaltim," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top