• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pembukaan kegiatan Pesoda Kukar

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pekan Olahraga Spesial Daerah (Pesoda) I Kutai Kartanegara resmi dimulai dengan diikuti ratusan peserta se- Kalimantan Timur. Ajang kompetisi ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar, guna memfasilitasi para atlet berkebutuhan khusus untuk meraih prestasi di bidang olahraga.

Pesoda 1 Kukar tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Kartanegara (Kukar) Zukran di Halaman Kantor Bupati Kukar Kamis (26/10/23).

Kegiatan Pesoda dilaksanakan dari tanggal 25 hingga 27 Oktober 2023 dan melibatkan sekitar 325 peserta dari 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur. Cabang olahraga yang dipertandingkan mencakup atletik, renang, bocce, boccia, bulutangkis, sepak bola, dan tari daerah.

"Pesoda merupakan wadah kompetisi dan pembinaan atlet Special Paralympic, yang bertujuan untuk mencapai prestasi optimal dalam olahraga dan mempersiapkan atlet untuk bersaing di tingkat regional, nasional, dan internasional." Kata Zukran.

Kegiatan ini juga berfungsi sebagai penjaringan atlet untuk Special Olympic Indonesia (Solna) di tingkat Kabupaten Kukar.

"Kami berpesan, pentingnya peran olahraga dalam pembangunan SDM dan pembentukan karakter serta kepribadian. Semangat juang, kerjasama, dan kompetisi adalah unsur-unsur yang dapat diperoleh melalui berkompetisi dalam olahraga." ungkap Zukran.

Dan Pemda Kukar berkomitmen dalam memajukan olahraga dan memberikan apresiasi kepada atlet berprestasi tanpa diskriminasi.

"Pesoda diharapkan menjadi wahana pembinaan atlet khusus melalui kompetisi dan evaluasi pembinaan olahraga terpadu." ucap Zukran.

Sementara, Sekretaris Dispora Kukar H Safliyansyah mengungkapkan Pesoda ini merupakan wadah bagi para atlet untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka di bidang olahraga serta kesempatan bagi mereka untuk meraih prestasi dan berkembang sebagai olahragawan berbakat.

"Kami Dispora juga berkomitmen untuk memastikan pengawasan dan evaluasi yang terukur dalam pelaksanaan kegiatan ini." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top