• Sabtu, 27 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Disdukcapil Kukar Muhammad Iryanto)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara Muhammad Iryanto memastikan, capaian aktivasi Identifikasi Kependudukan Digital (IKD) di Kutai Kartanegara sudah 20.500 orang lebih, dan capaian ini tertinggi di Kaltim bahkan Kalimantan.

"Aktivaai IKD di Kukar saat ini sudah 20.500 lebih, angka ini masih tertinggi di Kaltim," ujar Muhammad Iryanto.

Ia mengatakan, aktivasi IKD ini sudah sampai ke Desa-desa, Kelurahan dan ini yang terus kita masifkan, karena ada beberapa langkah strategis yang telah kami lakukan, misalnya bagi orang yang ingin mengganti KTP kita wajibkan untuk aktivasi IKD.

"Karena ini sebenarnya bukan memaksa, justru menguntungkan si pengguna, jadi dia dapat dua, pada saat nanti terganggu jaringan internet dia bisa gunakan KTP fisiknya," imbuhnya.

Ia juga mengaku, pihaknya masih terus lakukan door to door untuk sosialisasi ke masyarakat sekaligus aktivasi IKD, jadi kita sifatnya fleksibel karena memang target kinerja ini sangat tinggi dan banyak jenisnya, misalnya perekaman e KTP, akta Kematian dan lainnya, jadi ada yang nanti satu segmen kita kencangkan ada satu yang kita kendor, karena ini berkaitan dengan SDM yang kita miliki, kami harus fokus kan kemana dulu.

"Di beberapa Kecamatan, Kelurahan dan Desa sudah kita laksanakan jemput bola layanan ada aktivasi IKD juga, dan bagi masyarakat yang ingin mengaktivasi IKD bisa datang ke kantor Disdukcapil Kukar, MPP Kukar, bahkan di seluruh kantor Kecamatan di Kukar pada jam kerja, karena seluruh operator Kecamatan sudah kita latih untuk aktivasi IKD ini," jelasnya.

"Jadi masyarakat cukup membawa gadget android maupun IPhone lapor ke Petugas Kecamatan di Paten minta aktivasi, kami juga imbau masyarakat Kukar untuk segera mengaktivasi IKD ini semuanya gratis, karena keuntungannya banyak bagi masyarakat," tandasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top