• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Aprilian Noor

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara menargetkan penerapan sekolah google paling lambat awal Januari 2024 sudah mulai berjalan semua.

Disdikbud Kukar telah menetapkan 16 sekolah sebagai pilot project sekolah google. Sekolah Google merupakan sistem pendidikan berbasis Teknologi Informasi (IT).

Namun dari 16 sekolah tersebut, saat ini baru ada 5 sekolah yang sudah siap menerapkan sekolah google ini karena ada beberapa persyaratan yang belum lengkap. Adapun 5 sekolah tersebut yakni SMP N 1 Tenggarong, SMP N 2 Tenggarong, SMP N 3 Tenggarong, SMP N 7 Muara Kaman, SMP N 10 Loa Kulu.

Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Aprilian Noor mengatakan untuk sekolah google ini, dilakukan pelatihannya dulu, dan nanti 11 sekolah juga akan dilanjutkan di bulan November untuk pelatihannya. Karena syarat sekolah google itu selain sarana, prasarana juga adalah masalah seperti listrik, kemudian internetnya.

"Nah prasarana itu sudah kita komunikasikan dengan pihak telkomsel, sudah kita komunikasikan dengan pihak Diskominfo apakah ini bisa langsung pakai seperti indihome itu atau kalau tidak bisa langsung kita pakai sistem paket." ungkap Thauhid Senin (23/10/23).

Ia berharap bahwa, sebagai wilayah yang bersentuhan langsung dengan IKN, minimal Kukar memiliki sekolah-sekolah yang sudah mengacu kepada sistem transformasi digital.

"Jangan juga kita mau ketinggalan. Nah ini terobosan baru, Bupati juga berharap jangan sampai sekolah-sekolah kita tertinggal, makanya dibuatlah transformasi digital dengan anak-anak kita itu kita jadikan sekolahnya sekolah Google." ujarnya.

"Ada 16 sekolah di perubahan ini. 5 yang sudah pelatihan tahap satu tahap 2. Segala macam itu SMP 1, 2, 3 di Tenggarong kemudian SMP 7 Muara Kaman, SMP 10 Loa Kulu dan 11 SMP lainnya. Yang pasti 5 itu yang sudah siap hari ini. Dilatih guru-gurunya dulu." sebutnya.

Ia mengungkapkan bahwa, saat ini untuk crhomebook belum datang untuk yang siswanya. Tapi yang guru-gurunya sudah dilatih.

"Dan pasti kami menyiapkan juga sarana lainnya seperti listriknya, internetnya sudah kita siapkan di sekolahan itu sehingga nanti pada saatnya kita perkirakan. Paling lambat awal Januari mereka sudah. Semua sudah menggunakan sekolah reverensi sekolah google juga ibu. " ungkapnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top