• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara






TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Kukar.

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, di halaman parkir kantor Bupati Kukar pada Senin, 16 Oktober 2023. Kegiatan dirangkai dengan penyerahan bantuan secara simbolis bantuan beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

Gerakan Pangan Murah ini bertujuan untuk menyediakan bahan kebutuhan pokok dan sayuran dengan harga yang terjangkau, dan berlangsung selama dua hari, 16 sampai tanggal 17 Oktober 2023.

Sebanyak 44 pedagang, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kelompok Wanita Tani (KWT), dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Bupati Edi Damansyah menekankan pentingnya kerjasama dalam mengendalikan inflasi, dimulai dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan dan Desa.

"Melalui Gerakan Pangan Murah dan langkah-langkah lainnya, upaya untuk menekan inflasi dapat dilakukan secara bersama-sama, dengan tujuan untuk memastikan akses pangan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat." ungkapnya.

Program ini didasarkan pada Permendesa PDTT Nomor 97 Tahun 2022, yang memberikan panduan untuk langkah-langkah pengendalian inflasi dan mitigasi dampak inflasi di tingkat desa.

Langkah-langkah seperti penghimpunan data harga harian, evaluasi tren harga pangan mingguan, dan penguatan peran BUMDES sebagai distributor Bulog, serta kerjasama dengan perusahaan lain seperti Id Food,

"Kami berharap kegiatan ini dapat membantu mengendalikan inflasi dan menyediakan akses pangan yang terjangkau bagi masyarakat Kukar." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top