• Rabu, 24 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Bupati Kutai Kartanegara saat peluncuran program Kredit Kukar Idaman bagi Petani Nelayan dan Pembudidaya Ikan.


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) telah meluncurkan Program Kredit Kukar Idaman bagi Petani, Nelayan, dan Pembudidaya Ikan, yang bertujuan untuk memberikan akses permodalan yang lebih mudah bagi mereka.

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah di halaman parkir Kantor Bupati Kukar Senin (16/10/23).

Program ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, OJK Provinsi Kalimantan Timur, TPAKD Kabupaten Kutai Kartanegara, Bankaltimtara, serta didukung oleh JAMKRIDA Provinsi Kalimantan Timur.

Bupati Kukar Edi Damansyah menjelaskan bahwa program ini merupakan kelanjutan dari Kredit Kukar Idaman sebelumnya yang ditujukan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada tahun 2021.

"Program ini dirancang untuk memberikan penguatan akses permodalan dan menghindarkan masyarakat dari praktik rentenir yang merugikan." ungkapnya.

Ia menyebut, Kredit Kukar Idaman ini menawarkan berbagai ketentuan, termasuk bunga 0% bagi Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Kelompok Tani Hutan melalui kegiatan Perhutanan Sosial, dengan plafon kredit maksimal hingga Rp. 50.000.000,-.

Selain itu, jangka waktu kredit maksimal adalah 36 bulan, dan pembayaran angsuran pokok kredit dapat disesuaikan dengan setiap panen atau produksi.

Program ini ditujukan untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan kredit melalui Bankaltimtara, dengan persyaratan yang minimal. Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah mengalokasikan penyertaan modal kepada Bankaltimtara dalam upaya mendukung pengembangan perekonomian daerah.

"Kami berharap program Kredit Kukar Idaman dapat berjalan dengan baik dan dilakukan evaluasi secara terus-menerus guna meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top