• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka Pekan Inovasi dan Kreativitas tingkat Kabupaten Kukar tahun 2023. Pembukaan acara berlangsung di ruang serbaguna kantor Bupati Kukar pada Rabu (11/10/23).

Pekan Inovasi ini mencakup 7 kategori peserta, termasuk Organisasi Perangkat Daerah, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kecamatan, Kelurahan/Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Puskesmas, serta sektor pendidikan yang melibatkan Sekolah, Guru, dan Siswa. Selain itu, terdapat kategori Petani-Nelayan, Perempuan, Penyandang Disabilitas, Mahasiswa, dan Pemuda,

Kegiatan ini memiliki beberapa tahapan, dimulai dari 11-13 Oktober dengan pendaftaran inovasi peserta melalui situs web inovasikukarkab.go.id. Penilaian inovasi dilakukan mulai 1-20 November, dilanjutkan dengan penentuan nominasi pada 20 November. Selanjutnya, akan ada verifikasi lapangan dari 20-26 November, presentasi inovasi pada 27 November - 8 Desember, dan akhirnya penentuan pemenang.

Bupati Edi Damansyah mengatakan bahwa penyelenggaraan Pekan Inovasi dan Kreativitas tahun ini mengusung tema "Inovasi dan Kreativitas Untuk Akselerasi Wujudkan KUKAR IDAMAN". Ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Kukar untuk mempercepat pencapaian target pembangunan daerah yang telah diatur dalam RPJMD, termasuk penguatan pembangunan berbasis riset dan inovasi.

"Inovasi dan Kreativitas dalam Pekan Inovasi ini bertujuan untuk merangsang ide-ide inovatif dan kreatif dari berbagai pihak, serta memperkuat pembangunan berbasis riset dan inovasi untuk mencapai tujuan Kukar yang lebih inovatif, berdaya saing, dan mandiri," katanya.

Lebih lanjut, Pekan Inovasi dan Kreativitas juga bertujuan untuk mendorong adopsi gerakan "Satu Instansi Satu Inovasi" (One Agency One Innovation), yang mewajibkan setiap Perangkat Daerah atau Unit Kerja untuk menghasilkan setidaknya satu inovasi pelayanan publik setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Kabupaten Kukar.

Edi menekankan bahwa Pekan Inovasi dan Kreativitas tahun 2023 juga bertujuan untuk memotivasi dan memberi penghargaan kepada seluruh pemangku kepentingan, baik dari instansi pemerintah maupun masyarakat, yang telah berinovasi dan berkreasi serta aktif terlibar dalam pembangunan di Kabupaten Kukar.

"Semua ini dimaksudkan untuk merangsang munculnya inovasi-inovasi baru dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas pembangunan demi terwujudnya Kukar yang sejahtera dan bahagia,"pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top