• Rabu, 24 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kalimantan Timur khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara bukan hanya menyimpan masa kejayaan kerajaan Kutai Kertanegara. Di sini juga terdapat obyek wisata Tugu Equator, yang dilewati garis lintang nol derajat yang berlokasi di Kecamatan Marangkayu Kukar.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara melihat potensi yang ada di lokasi tugu tersebut untuk membangun kawasan rest area dan juga taman.

Hal ini diungkapkan Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo belum lama ini.

"Kami melihat lokasi tugu itu sangat potensial karena posisinya ditengah-tengah Samarinda, Kukar dan Bontang, jadi ketika kita membuat rest area disana memanfaatkan pelaku UMKM atau ekonomi kreatif masyarakat setempat prospeknya ada," ujar Slamet Hadiraharjo.

Slamet mengatakan, saat ini kita masih lakukan perencanaan dulu, sehingga kedepannya jika disetujui kita akan membangun sekitar tugu ekuator.

"Tentunya kami akan berkolaborasi dengan Pokdarwis disana, untuk pengembangan wisata Tugu Equator ini," imbuhnya.

Ia juga mengaku, keterlibatan Perusahaan yang ada disana juga ikut membantu, meskipun belum berkoordinasi dengan kami saya lihat Perusahaan setempat membantu lewat CSR kemungkinan bersama Pemerintah Kecamatan atau Desa membuat taman di sekitar lokasi tugu.

"Kami juga masih mau menelusuri status lahan di lokasi tugu itu, kalau memang bisa kita memperindah taman dan juga dibangun rest area. Rencana kedepannya kita akan kembali laksanakan hari tanpa bayangan di lokasi tugu tersebut," tandasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top