• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sekda Sunggono

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sebagai salah satu langkah menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ada di Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar telah membentuk tim penanganan di titik-titik panas.

Sekertaris Daerah Kukar Sunggono mengatakan, bahwa untuk karhutla di Kukar Pemkab Kukar selalu berkoordinasi dan telah membentuk tim penanganan kabut asap itu dan menetapkan status kebakaran hutan dan lahan bersama dengan stakeholder yang ada.

"Alhamdulillah kita terus memantau BMKG untuk memastikan titik-titik panas yang ada di Kukar itu bisa kita antisipasi, kita prediksi penanganannya bersama komponen yang ada di lapangan."ucap Sunggono Kamis (5/10/23).

Ia menyebut, sampai saat ini dari laporan dilapangan, semua bisa di tanggulangi dan belum sampai ada yang tidak bisa ditangani secara tuntas.

"Mudah-mudahan cuaca mendukung, kemudian masyarakat semakin sadar bahwa kebakaran hutan dan lahan itu tidak hanya merugikan mereka sendiri tapi juga bisa membahayakan keselamatan orang lain itu terus ditumbuhkan." ungkapnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar semakin sadar jangan sampai membakar hutan dan lahan lagi. Karena itu bisa berakibat buruk termasuk bisa diancam dengan pidana kalau sampai meluas dan tidak bisa dikendalikan.

Sementara untuk dilahan gambut dalam pantauan kami khususnya di daerah Muara Kaman, Sebulu masih terpantau baik.

"Artinya kita tetap bersiaga untuk memastikan bahwa di wilayah itu aktivitas masyarakat bisa kita kendalikan, bisa kita kontrol melalui pak camat, kepala desa dan seluruh komponen masyarakat khususnya masyarakat peduli api." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top