• Kamis, 23 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





KUKAR (KutaiRaya.com) – PT Pertamina EP (PEP) Sangasanga Field bersama Satgas Stunting Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Puskesmas Sangasanga mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas para kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) pada 7 September 2023 lalu.

Kegiatan ini menghadirkan beragam narasumber seperti Ahli Gizi Puskesmas Sangasanga, Petugas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, serta Satgas Stunting Kab. Kukar. Mereka menyampaikan bagaimana cara pemantauan pertumbuhan balita bagi tenaga kesehatan, peran pola asuh pada 1000 hari pertama kehidupan, serta pencatatan dan pelaporan TPK melalui aplikasi Elsimil.

Pelatihan dihadiri 115 peserta yang terdiri dari bidan, kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan kader Keluarga Berencana (KB) Desa.

Senior Manager PEP Sangasanga Field Sigid Setiawan menyampaikan bahwa penanganan stunting memerlukan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan.

"Perusahaan berupaya untuk terus mendukung penurunkan angka stunting, terutama di wilayah Sangasanga yang merupakan wilayah operasional Perusahaan," lanjut Sigid.

"Pelatihan ini merupakan salah satu upaya PEP Sangasanga Field untuk mendukung langkah mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan ke-2 yakni untuk mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, memperbaiki nutrisi dan mempromosikan pertanian yang berkelanjutan," tambah Sigid.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Sangasanga, Dachriansyah, yang menjelaskan pentingnya partisipasi PEP Sangasanga dalam mendukung target pemerintah menurunkan angka stunting di wilayahnya pada tahun 2024 sebesar 14% secara kolaboratif.

"Apresiasi saya kepada PEP Sangasanga Field yang sudah menyediakan wadah terlaksananya kegatan ini. Semoga materi pada hari ini dapat diimplementasikan sehingga tujuan penurunan angka stunting di wilayah Sangasanga dapat tercapai," ujarnya.

Pada akhir acara, diadakan praktek pengolahan ikan menjadi makanan yang menarik dan sehat serta penuh gizi untuk balita, yang disampaikan oleh pemilik PT Ganiya Bogatama. (One)

Pasang Iklan
Top