• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Di momen Hari Kesaktian Pancasila 2023, Pemkab Kukar gelar Apel peringatan tersebut dengan Inspektur Upacaran Staf Ahli Bidang Umum Bupati Kutai Kartanegara, Ahyani Fadianur Diani, berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara, Minggu (01/10/2023).

Upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 diikuti unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal dan Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kab Kukar.

Adapun tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indinesia Maju,” Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kab Kukar melibatkan personel dari Kodim/0906/Kkr, Satpol PP, Polres Kukar, BPBD Kukar serta para pelajar SMA dan SMK yang ada di wilayah Kec Tenggarong.

Dalam amanatnya, Ahyani Fadianur Diani mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara menjadi pondasi yang kuat bagi kerukunan, persatuan, dan keadilan sosial di Negara Indonesia.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan semua pihak akan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya," ujarnya.

Ia mengaku, Pancasila telah terbukti mampu bertahan dan tidak lekang oleh waktu dan zaman, karena pesan moral dan nilai yang terkandung di dalamnya bisa mengikuti perkembangan zaman.

Oleh sebab itu lanjutnya, penting bagi para generasi penerus bangsa untuk bisa memahami nilai- nilai luhur yang terkandung di Pancasila, sebagai pedoman dasar dalam mengaktualisasikan perilaku di zaman yang serba modern saat ini.

"Kami berharap generasi muda tidak hanya menghapal norma-normanya, tetapi bagaimana bisa mengadaptasi nilai itu, sehingga dapat menjadi manusia Indonesia yang berkarya, berbudi luhur dan memiliki moral yang kuat di era digital," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top