• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Bupati Edi Damansyah

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dalam membangun wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara baik dari segi infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM), Bupati Kukar Edi Damansyah menyebut perlu adanya partisipasi dari perusahaan.

Karena keberadaan banyak perusahaan yang beroperasi di Kukar, diharapkan punya perannya dalam pembangunan wilayah. Untuk itu harus dioptimalisasikan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Edi menilai bahwa sejauh ini program CSR yang dijalankan oleh perusahaan dari berbagai sektor yang beroperasi di Kukar sudah berjalan. Baik dari segi pembangunan infrastruktur maupun Pembangunan Sumber Daya Manusi (SDM).

"Hanya saja tidak semua perusahaan konsisten dalam berkontribusi bagi pembangunan Kukar. Ada yang konsisten ada juga yang setengah-setengah," kata Edi belum lama ini.

Oleh karena itu, Edi mengajak seluruh perusahaan baik yang beroperasi di sektor pertambangan, perkebunan, maupun minyak dan gas (migas). Untuk berkolaborasi dalam melalu mengentaskan kemiskinan.

"Contohnya seperti program bedah rumah, pemberdayaan, pengentasan buta huruf, termasuk kejar paket A,B,C. Ini yang sudah kita kolaborasikan dengan perusahaan melalui program CSR." sebutnya.

Edi mengungkapakan bahwa sinergitas ini yang coba terus dikembangkan, agar seluruh perusahaan yang beroperasi di Kukar turut berperan aktif.

"Jangan sampai mereka mengeksploitasi sumber daya alam kita hanya memberikan income pada negara. Tapi juga yang harus kita ingatkan, bagaimana perusahan yang memiliki izin eksploitasi itu juga memberikan dorongan ekonomi lokal Kukar. Dan kita tidak mau hanya mendapatkan lubang-lubang saja, kita ingin ada pembangunan di Kukar." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top