• Kamis, 29 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





SAMARINDA (KutaiRaya.com) – Bagi pengendara sepeda motor khususnya sekitar area Samarinda, melakukan touring atau perjalanan jauh lintas kota menjadi hal yang umum dijumpai. Tak jarang kondisi ini menjadi rutinitas bagi sebagian pengendara khususnya yang tinggal dan bekerja dikota yang berbeda.

Disatu sisi, keselamatan jadi hal utama dalam kegiatan touring atau perjalanan jauh lintas kota dengan sepeda motor. Apalagi jika perjalanannya dilakukan secara kelompok.

Melihat hal ini, Astra Motor Kaltim 2 melalui Safety Riding Officer membagikan sedikit tips #Cari_Aman bagi pengendara sepeda motor yang akan melakukan perjalanan jauh lintas kota dengan tips sebagai berikut.

1. Menentukan dan Meriset Rute Perjalanan
Hal yang paling penting dan paling awal dilakukan sebelum touring adalah menentukan tujuan dan rute perjalanan yang akan dilewati. Setelah rute tujuan dan rutenya ditentukan Anda harus melakukan riset terkait rute tersebut. Berapa jaraknya, berapa lama waktu yang kira-kira dibutuhkan untuk sampai ke tujuan.

Kondisi jalan dan fasilitas sepanjang rute perjalanan seperti tempat istirahat, bengkel-bengkel servis, serta tempat pengisian bahan bakar juga penting untuk diketahui agar memudahkan saat menentukan anggaran. Dan yang tak kalah penting adalah mencari info rute alternatif jika mendadak rute utma tidak bisa dilalui.

2. Menentukan Estimasi Biaya
Banyak rider yang tidak memperhitungkan anggaran yang diperlukan terutama saat melakukan touring jarak dekat. Karena sekalipun hanya jarak dekat tidak menutup kemungkinan Anda membutuhkan dana cadangan yang mungkin saja tidak anda siapkan jika anda tidak menghitung estimasi biaya yang anda butuhkan.

Biaya bahan bakar, penginapan, tiket wisata, uang makan dan sejumlah dana lain-lain sebagai cadangan. Biasanya itulah poin-poin yang dihitung saat menentukan estimasi biaya perjalanan. Sebagai tambahan, sebaiknya Anda menyiapkan uang tunai yang cukup karena tidak semua tempat menyediakan ATM atau pembayaran non tunai.

3. Siapkan Alat Komunikasi Alternatif dan Peta Penunjuk Jalan
Alat komunikasi dan Peta adalah hal penting berikutnya. Dimana sekarang ini kebanyakan orang berfikir yang penting tidak melupakan telepon seluler anda, karena dalam smartphone anda sudah terdapat alat komunikasi bahkan peta. Namun yang perlu anda ingat tidak semua lokasi memiliki jangkauan sinyal yang bagus. Ada baiknya Anda menyiapkan alat komunikasi seperti HT, atau bluetooth communicator yang terpasang pada helm. Pasalnya, kedua alat ini akan memudahkan komunikasi antar anggota team dan jangan lupa membawa peta lembaran untuk berjaga-jaga.

4. Perhatikan Kesiapan Kendaraan
Perhatiakn berbagai kesiapan dan kelengkapan kendaraan seperti, SIM dan STNK terbawa, melakukan servis kendaraan sebelum berangkat touring, serta melakukan pengecekan pada ban, gas, klakson, pengapian dan rem. Bawalah beberapa suku cadang penting dan ringan dan isilah bahan bakar sebelum berangkat agar tidak banyak memakan waktu dalam perjalanan.

5. Jaga Kesehatan dan Siapkan Fisik
Sebelum berangkat, pastikan Anda memperoleh tidur yang cukup serta menyiapkan fisik Anda dengan baik. Saat touring jarak jauh anda juga harus merencanakan jam tidur dan istirahat dengan baik. Touring jarak jauh yang membutuhkan waktu berhari-hari kadang membuat kita terlalu lelah sehingga imunitas juga menurun, bawalah vitamin serta obat-obatan ringan.

6. Perhatikan Barang Bawaan
Hitung dengan baik pakaian yang dibutuhkan, jangan terlalu banyak membawa barang karena akan merepotkan diri sendiri saat touring. Sebisa mungkin hindari membawa barang berharga berlebihan. bawalah kamera secukupnya dan jangan lupa membawa charger serta power bank.

7. Berangkat Touring Sepagi Mungkin
Tujuannya adalah agar memiliki waktu untuk mengecek kesiapan team dan memulai touring dalam kondisi tubuh segar dan bugar.

"Semoga tips #Cari_Aman di atas dapat membantu bubuhan etam yang ingin melakukan touring atau perjalanan jauh lintas kota. Namun yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk tetap patuhi aturan keselamatan berkendara," tutup Fajrin Nur Huda selaku Safety Riding Officer Astra Motor Kaltim 2. (One)

Pasang Iklan
Top