• Selasa, 27 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





SAMARINDA (KutaiRaya.com) – Padatnya jalanan Kota Samarinda yang kerap membuat kita terjebak dalam kemacetan menjadikan kendaraan sepeda motor sebagai salah satu solusi kendaraan paling efisien. Kondisi ini membuat sepeda motor menjadi kendaraan yang cukup sering dijumpai di jalanan kota Samarinda.

Penggunaan sepeda motor sebagai kendaraan beraktivitas setiap hari tentu perlu diimbangi dengan perawatan dan pemeriksaan sepeda motor secara rutin jika ingin kendaraannya tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Lucky Hendrik Roberto selaku Technical Service Departement Manager Astra Motor Kaltim 2 mengatakan, perawatan dan pemeriksaan sepeda motor yang dilakukan secara rutin tidak hanya menjaga keawetan sepeda motor melainkan juga untuk menjaga performa sepeda motor agar tetap optimal.

"Perawatan dan pemeriksaan sepeda motor yang dilakukan secara rutin dapat memberikan berbagai macam manfaat seperti menjaga keawetan sepeda motor serta menjaga performa sepeda motor agar tetap optimal," ungkapnya

"Untuk memaksimalkan perawatan dan pemeriksaan sepeda motor jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan di jaringan AHASS. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik AHASS jika ada bagian sepeda motor yang tidak berfungsi dengan baik," tambahnya.

Lantas apa saja manfaat yang akan didapat dengan melakukan perawatan berkala sepeda motor secara rutin? Berikut manfaatnya.

1.Menjaga Performa
Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara rutin, akan menjaga seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi optimal, sehingga performa terbaiknya akan selalu terjaga.

Berjalan waktu, komponen sepeda motor dapat mengalami keausan dan penurunan performa. Dengan perawatan yang tepat seperti penggantian oli mesin, pemeriksaan ban, membersihkan karburator atau injektor, mengganti filter udara, meriksaan ban dan sistem pengereman serta sistem kelistrikan motor secara teratur akan membantu menjaga performa mesin tetap baik.

2.Memperpanjang Usia Pakai
Pemeriksaan dan perawatan rutin dapat memperpanjang usia pakai sepeda motor karena kondisi seluruh komponen sepeda motor selalu terjaga dalam kondisi prima.

Di sisi lain, pemeriksaan dan perawatan rutin dapat mengurangi risiko kerusakan pada komponen vital dan menghindari biaya perbaikan yang mahal di masa depan.

3.Mencegah Kerusakan Lebih Parah
Seringkali, masalah kecil pada motor dapat berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius jika tidak ditangani dengan cepat. Melakukan perawatan rutin sepeda motor memungkinkan deteksi masalah kecil sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Misalnya, memeriksa rem secara teratur dan mengganti kampas rem yang aus dapat mencegah keausan berlebihan pada sistem rem sepeda motor.


4.Efisiensi Bahan Bakar
Efisiensi bahan bakar dan penghematan uang dalam jangka panjang bisa dirasakan oleh pemilik sepeda motor saat sepeda motornya selalu dalam kondisi prima.

Pada bagian mesin, misalnya. Saat seluruh bagian mesin sepeda motor bekerja dengan baik, pembakaran bahan bakar akan sempurna sehingga tak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia saat proses pembakaran. Hal ini tentu akan berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar yang semakin meningkat.

Peningkatan efisiensi bahan bakar juga didukung oleh bagian sepeda motor lainnya, seperti kondisi ban tekanan angin serta gaya berkendara yang tepat.

5.Mempertahankan Keamanan dan Kenyaman Berkendara
Pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara rutin akan membantu menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara. Misalnya, memeriksa sistem pengereman secara teratur dan mengganti rem yang aus akan membantu memastikan pengendara memiliki kendali penuh saat berkendara.

Selain itu, memeriksa sistem kelistrikan, pencahayaan dan lampu sinyal pada motor juga penting untuk menjaga visibilitas sepeda motor oleh pengendara lain.

6.Harga Jual Terbaik
Terakhir, kondisi tampilan dan performa sepeda motor yang terjaga dengan baik akan membuat nilai jualnya tetap tinggi jika sewaktu-waktu pemilik sepeda motor akan menjualnya. (One)

Pasang Iklan
Top