• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto,

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerja sama dengan PT. PLN untuk memfasilitasi pembangunan jaringan listrik di Desa Melintang, Kecamatan Muara Wis pada tahun 2023.

Langkah ini dilakukan dalam rangka mendukung Program Terang Kampongku, yang bertujuan memberikan layanan listrik selama 24 jam kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, mengatakan bahwa pembangunan jaringan listrik di Desa Melintang telah dimulai dua hari yang lalu.

"Proses pemasangan jaringan listrik oleh PLN sudah berjalan, dan targetnya adalah November 2024 agar listrik sudah dapat digunakan oleh sekitar 500 Kepala Keluarga (KK) di desa tersebut." kata Arianto saat dikonfirmasi Sabtu (16/9/23).

Arianto mengungkapkan bahwa sebelumnya, Desa Melintang telah menggunakan listrik dari generator (genset) yang hanya beroperasi dari jam 6 pagi hingga 11 atau 12 malam, dengan jangkauan terbatas. Biaya listrik dari genset ini mencapai sekitar Rp 300.000 per rumah per bulan.

Namun, dalam pemasangan jaringan listrik menghadapi beberapa kendala pada tahun 2022, terutama terkait dengan standar tiang listrik yang berbeda di wilayah ini. Karena mayoritas wilayah ini adalah danau, diperlukan tiang listrik khusus yang lebih tinggi. Namun, kendala ini telah diatasi, dan pemasangan jaringan listrik dari PLN sudah selesai.

Ia menyebut anggaran untuk proyek ini berasal dari PLN, yang berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kukar untuk menyediakan listrik di beberapa desa yang membutuhkannya.

Dengan adanya jaringan listrik dari PLN ini, diharapkan masyarakat Desa Melintang dapat meningkatkan produktivitas mereka, terutama dalam sektor perikanan, dan dapat mengoptimalkan potensi ekonomi mereka.

"Karena selama ini, dalam musim kelimpahan ikan, produksi ikan seringkali terbuang karena tidak bisa diolah di tempat. Dengan adanya listrik, kita berharap aktivitas perekonomian di desa ini dapat meningkat." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top