• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Kutai Kartanegara (PWI Kukar) menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik di Radio Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pada Kamis (14/9/23).

Acara ini diikuti 20 peserta, dari kalangan pelajar dari SMA/SMK, mahasiswa dan masyarakat umum Tenggarong.

Pelatihan tersebut dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kukar, Dafip Haryanto, turut hadir Ketua PWI Kukar Bambang Irawan, Sekertaris PWI Kukar Andi Wibowo, perwakilan Kodim 0906 Tenggarong, perwakilan Bankaltimtara,Perumda Tirta Mahakam dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kukar, Dafip Haryanto, mengapresiasi pelatihan ini karena langsung menyentuh masyarakat, termasuk pemuda dan pelajar.

Dia menekankan pentingnya pelatihan ini dalam mengenalkan media mainstream dan mengajarkan bagaimana mengolah berita sesuai dengan prinsip-prinsip jurnalistik.

"Saya berpesan yang pada peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik, dan diharapkan apa yang dipelajari dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan media di sekolah dan perguruan tinggi mereka." kata Dafip Kamis (14/9/23).

Sementara Ketua PWI Kukar, Bambang Irawan, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan jurnalistik ini adalah untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, terutama dalam menghadapi perpindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur.

"Saya berharap agar generasi muda Kalimantan Timur, termasuk Kutai Kartanegara, dapat menjadi wartawan yang aktif dan berperan penting dalam pemberitaan di daerah ini." ungkapnya.

Selain itu, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada pelajar tentang perbedaan antara produk jurnalistik dan media sosial, serta cara membedakan berita yang benar dengan berita palsu atau hoaks.

Dalam kegiatan tersebut peserta antusias mengikuti pelatihan dan menyerap materi yang disampaikan oleh para narasumber. Materi yang diajarkan mencakup dasar-dasar jurnalistik, teknik peliputan berita, pengambilan gambar, pembuatan konten video, dan praktek pembuatan berita. (*dri)

Pasang Iklan
Top