• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Edi Damansyah saat membuka Turnamen Sepak Bola Bupati Cup 2023

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Turnamen Sepak Bola Bupati Cup Tahun 2023 antar kecamatan resmi dibuka Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah. Turnamen yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar berlangsung di Stadion Rondong Demang, Tenggarong Jum'at (8/9/23).

Turnamen dimulai dari tanggal 8 - 30 Septemberi 2023 ini diikuti 20 kecamatan yang ada di Kukar, yang terdiri 20 clup sepak bola pria, 30 club sepak bola usia dini, dan 12 club sepak bola wanita.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengungkapkan Bupati Cup Tahun 2023 ini antar kecamatan. Semangatnya di desa dan kelurahan, dimana cabor sepak bola ini sangat besar peminatnya.

"Ini upaya kami mewadahi pembinaan antar kecamatan. Kedepan kami tegaskan agar Camat harus terlibat langsung, karena ini akan terus dilaksanakan. Jadi pembinaan tingkat desa/kelurahan dicetak di kecamatan. Kecamatan kami cetak di Kabupaten. Setelah dibina difasilitasi di event ini supaya bertanding." ungkap Edi.

Edi berharap semangat ini terus berjalan, karena dengan pembinaan yang baik, mesti hasilnya baik juga. Setelah pelaksanaan ini tidak berlalu begitu saja, namun tim yang ikut ini mesti ada catatan.

"Seperti keahliannya secara talenta kita bina agar bisa berhasil. Setelah ini, pola pembinaan berjalan, turnamen ini rutin, kita bisa mendapatkan bibit-bibit atlet yang profesional." ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tahun ini juga perdana turnamen sepak bola wanita. Berarti sudah berkembang, tinggal nanti melanjutkannya melalui Dispora juga dengan KONI dan Askab dan PSSI. Untuk menjaring bibit-bibit baru.

Sementara Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni, menambahkan bahwa tujuan diadakan turnamen ini untuk memberikan wadah, tempat mereka yang selama ini tempat mereka berlatih dan berlaga.

Minimal di Stadion Rondong Demang ini menjadi wadah tolak ukur hasil yang selama ini mereka lakukan pembinaan diwilayah masing-masing. Dan juga dengan adanya turnamen ini dapat melahirkan bibit bibit atlet muda dari Kukar.

"Turnamen tahun ini agak sedikit berbeda, karena ada club sepak bola wanita dan anak usia dini Sekolah Sepak Bola (SSB) dan Akademi Sepak Bola (ASB) yang ada di Kukar." terangnya.

Adapun club yang mengikuti dalam turnamen ini untuk ASB dan SSB kurang lebih ada 30 club, untuk yang senior laki laki ini semua kecamatan hadir pada hari ini, dan untuk yang wanita ada 12 club yang ikut.

"Kita sadari bahwa perlu ada penbinaan dan pendampingan dibenerapa kecamatan yang tidak memiliki club sepak bola wanitanya." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top