• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Capaian Membanggakan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meraih penghargaan dalam kategori "Inovatif untuk Negeri" pada ajang Merdeka Awards 2023. Penyerahan penghargaan ini berlangsung di Senayan City Tower SCTV, Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Kukar, H Rendi Solihin, bersamaan dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, yang juga menerima penghargaan pada malam itu. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Surya Citra Media (SCM), Imam Sudjarwo.

Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin mengatakan bahwa penghargaan ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kukar. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam berbagai inovasi yang telah dikembangkan di Kukar.

"Penghargaan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kukar. Terdapat tiga inovasi yang mendapatkan perhatian khusus karena dianggap berhasil dan memberikan dampak positif langsung pada masyarakat." ungkap Rendi.

Adapun inovasi tersebut diantaranya Program Inovasi Kemandirian Ekonomi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan berbagai inovasi, termasuk dalam sektor UMKM.

Kemudian Program Inovasi dalam Pelayanan Publik. Karena Kukar telah melakukan inovasi dalam penyediaan pelayanan publik untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat. Serta Program Inovasi Pendukung Digitalisasi, dimana Kukar telah mengadopsi inovasi digitalisasi yang telah banyak memberikan akses dan kemudahan kepada masyarakat, baik melalui sistem online maupun konvensional.

Rendi Solihin menekankan bahwa inovasi-inovasi ini juga bertujuan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan terkait dengan perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kukar, sebagai mitra IKN Nusantara, menyadari pentingnya berinovasi di berbagai sektor untuk menciptakan keberlanjutan ekonomi dan masyarakat.

"Kami mendorong semua pihak, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), petani, nelayan, serta generasi muda untuk terus mengembangkan inovasi. Kami juga berharap agar setidaknya satu inovasi baru dapat diciptakan setiap tahun." tutunpnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top