• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Puluhan pemuda asal Kutai Kartanegara (Kukar) ikuti pelatihan teknis kewirausahaan kue serabi dan kue keroncong bagi pemuda. Kegiatan garapan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar ini digelar di Hotel Grand Fatma, Tenggarong Kamis (31/8/23).

Total sebanyak 80 peserta yang terdiri dari dua kelompok mengikuti pelatihan yang merupakan aspirasi Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) Wakil Ketua III DPRD Kukar Siswo Cahyono. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan serta pemasaran usaha kue serabi dan keroncong yang ada di Kukar.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Dispora Kukar yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan ini lewat Pokir DPRD Kukar. Jadi kegiatan ini dilaksanakan melalui aspirasi kami, lewat pokir DPRD yang kita tempatkan di Dispora. Alhamdulilah dilaksanakan dan direalisasikan." ucap Siswo Kamis (31/8/23).

Siswo mengatakan pelatihan hari ini berkaitan dengan ibu ibu dan pemudi Kukar dalam rangka meningkatkan ketrampilan kewirausahaan. Jadi yang hadir disini adalah mereka yang memang mayoritas sudah memilki usaha kue serabi dan keroncong di Tenggarong Seberang.

"Harapan dari pelatihan ini, kita ingin melihat dengan adanya kewirausahaan kepemudaan ini mengurangi angka kemiskinan, memgurangi angka pengangguran di Kukar."ucapnya.

Menurutnya pelatihan ini yang diadakan ini unik, karena berkaitan dengan jajanan khasnya daerah Kukar. Dimana putu labu, kue keroncong dan kue serabi itu merupakan khasnya Kutai, yang ditempat tempat lain jarang ada karena memang asal usulnya dari Kukar.

Kemudian tugas pemerintah adalah bagaimana ketrampilan mereka ditingkatkan lagi dari cara memfasilitasi pelatihan menyajikan kue dan makanan yang baik, dengan benar seperti apa, terus cara pengemasannya, dan standar bersihnya.

"Harapan kami platihan ini dilakukan tidak hanya untuk menyediakan untuk kepentingan orang per orang saja, tapi kedepan pemerintah juga harus melakukan suport kewirausahaan yang sudah dilakukan oleh pemuda pemudi Kukar." ungkap Siswo. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top