• Jum'at, 01 Maret 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Diduga terjadi konsleting listrik, sebanyak 6 bangunan rumah di RT 2 Dusun Manunggal 2, Desa Loa Janan Ulu hangus terbakar. Kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (24/8/2023) dini hari, sekitar pukul 03.45 WITA.

Kapolsek Loa Janan, AKP Andy Wahyudi, menyebutkan akibat dari kebakaran tersebut sebanyak 22 jiwa dari 5 Kepala Keluarga (KK) yang menempati 5 rumah tunggal dan 1 bangsal 2 pintu harus kehilangan tempat tinggalnya.

Ia menjelaskan kejadian bermula ketika salah satu warga melihat api berasal rumah Mislan. Pada saat terjadi kebakaran sempat terdengar suara pecahan kaca. Sontak, warga mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya, dan menghubungi para relawan dan petugas pemadam kebakaran.

"Untuk sementara kebakaran diduga akibat konsleting listrik, dan saat ini masih dilakukan penyelidikan." ujar Andy

Sementara itu Kepala Disdamkar dan Penyelamatan Kukar, Fida Hurasani mengatakan, dalam proses pemadaman etugas dan warga harus berjibaku selama 1,5 jam. Karena lokasi yang padat penduduk serta rumah yang kebanyakan berbahan dasar kayu. Sehingga membuat api mudah menyala dan membesar.

"Dan juga dalam situasi kemarau seperti saat ini, membuat sumber air sulit. Sedangkan lokasi kebakaran masuk ke dalam gang. Namun beruntung tidak korban jiwa maupun luka-luka."" ungkapnya.

Afe sapaan akrab Fida Hurasani menyebut, ada 7 unit truk milik Disdamkar dan Penyelamatan dan PMK Swasta, serta 15 mesin portable milik relawan yang ikut turun ke lokasi kebakaran. Tak butuh waktu lama, 1,5 jam api dapat diatasi.

Kemudian dibantu relawan dari Kota Samarinda, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda, dan pihak kepolisian. (*dri)

Pasang Iklan
Top