• Kamis, 25 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) – PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) menyerahkan Program Bantuan Pendidikan Mahakam secara simbolis kepada Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, di pendopo Bupati Kukar, Kamis (17/08/2023) lalu.

Program ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Perusahaan dalam Program Pengembangan Masyarakat (PPM atau CSR) khususnya bidang Pendidikan.

General Manager PHM, Setyo Sapto Edi mengatakan, program Bantuan Pendidikan merupakan bagian dari kegiatan CSR yang setiap tahunnya dilaksanakan dengan dukungan dari SKK Migas yang telah memberikan manfaat secara berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

"Sesuai kebijakan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) selaku induk perusahaan, PHM menjalankan berbagai program PPM di bidang pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan yang sejalan dengan Pembangungan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan 4 yakni pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata," ungkapnya.

Setyo menjelaskan, bahwa pada tahun 2023 ini, Bantuan Biaya Pendidikan Mahakam diberikan kepada 84 orang mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di 17 Perguruan Tinggi, mulai dari jenjang D3, D4, S1, S1 Guru Linier, dan S2 di Kalimantan Timur. Para mahasiswa tersebut berasal dari 5 kecamatan di sekitar wilayah operasi, yaitu Kecamatan Anggana sejumlah 25 orang, Kecamatan Muara Badak 6 orang, Kecamatan Muara Jawa 25 orang, Kecamatan Samboja 23 orang, dan Kecamatan Sanga-Sanga 5 orang, termasuk beasiswa Pesisir bagi 3 orang mahasiswa dari Kecamatan Anggana.

PHM juga melanjutkan kegiatan Pendampingan Sarjana Pesisir berupa bimbingan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan fasilitasi pendaftaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP)+ bagi siswa dan siswi pesisir. Melalui kegiatan pendampingan tersebut, di tahun 2023 ini terdapat 28 siswa yang berhasil masuk PTN dan mendapat beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP)+.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan Program Bantuan Pendidikan dan Beasiswa Sarjana Pesisir PHM merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas SDM di Kutai Kartanagara dan memberikan semangat bagi pelajar dan mahasiswa untuk lebih semangat dalam menuntut ilmu.

Sementara itu, Manager Communication Relations & CID PHI-Regional 3 Dony Indrawan menjelaskan bahwa pengembangan kapasitas SDM merupakan salah satu fokus program CSR unggulan Perusahaan.

"Kami saat ini sedang mempersiapkan pelaksanaan program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan bagi pelajar dengan prestasi akdemik yang baik namun berasal dari keluarga kurang mampu untuk dapat melanjutkan pendidikan di tingkat sarjana di perguruan tinggi di Kalimantan," jelas Dony.

Dony berharap program yang dijalankan melalui kerja sama dengan Pertamina Foundation ini dapat menghantarkan generasi muda dari wilayah operasi Perusahaan untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik dan menjadi penggerak kemajuan di daerahnya masing-masing. (One)

Pasang Iklan
Top