• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78 tahun. Acara berlangsung di Lapangan Upacara Pemkab Kukar, pada Kamis (17/8/23).

Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, turut diikuti Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, serta seluruh OPD dan Unsur Forkopimda dilingkungan Pemkab Kukar.

Acara berlangsung lancar, detik-detik proklamasi ditandai dengan dentuman meriam membuat upacara berjalan khidmat.

"Kita berharap di HUT RI ke-78 tahun ini Kukar lebih kuat, lebih maju, lebih bersinergi dan berkerjasama terutama untuk menjaga NKRI yang kita cintai ini. Khususnya Kukar, merdeka." ungkap Bupati Kukar Edi Damansyah Kamis (17/8/23)

Edi juga mengungkapkan dalam menyambut IKN ini peluang, ada juga tantangan. Ia berpesan kepada generasi muda Kaltim khususnya Kukar untuk belajar bersama, mendisiplinkan diri meningkatkan kompetensi. Karena persaingannya juga sudah terbuka, jangan sampai Kukar hanya menjadi penonton.

"Kalau kita ingin ambil bagian di sana, tentunya kita harus mempersiapkan diri. Makanya salah satu fokus Kukar Idaman itu bagaimana memberikan pendidikan dan pelatihan." ujarnya.

Adapun pendidikan tersebut diberikan, supaya generasi muda ini memiliki kemampuan dan ilmu pengetahuan yang memang mampu untuk bersaing.

"Hari ini kita harus mengakui bahwa Sumbar Daya Manusia (SDM) kita khususnya di Kaltim, kita masih ada di bawah SDM yang ada di Jawa. Tapi memang harus terus dimulai peningkatan kompetensi ini dengan tidak hanya pendidikan formal tapi juga pendidikan vokasi Sehingga kita memiliki SDM yang berdaya saing." jelasnya.

Oleh karena itu Kukar Idaman itu kepanjangannya inovatif, berdaya saing dan mandiri. Edi ingin Kukar punya generasi yang inovatif berdaya saing dan mandiri. Bagaimana merealisasikannya dengan peningkatan SDM.

"Dan semangat HUT RI ke-78 kemerdekaan ini harus terus kita isi secara bersama-sama."tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top