• Kamis, 29 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





JAKARTA (KutaiRaya.com) – PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) meraih dua penghargaan dalam ajang Media Relations Award 2023. Media Relations Award adalah ajang yang kali pertama digelar oleh Serikat Pekerja Pers (SPS) bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-77. PHI meraih dua penghargaan yakni di kategori Media Special Program melalui kegiatan Baso Iga PHI dan Press Gathering melalui kegiatan Mengarungi Lautan untuk Indonesia.

Mengangkat tema "Transformasi Industri Media untuk Bangkit Bersama" rangkaian acara ini digelar pada 9-11 Agustus berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali. Malam puncak peringatan HUT tersebut digelar di Rumah Kediaman Gubernur Bali, Denpasar, dengan sesi penobatan empat penghargaan bergengsi di bidang media, yakni Media Brand Award, Media Relations Award, serta Korporasi dan Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama (11/08/2023).

Gubernur Bali, Wayan Koster membuka puncak acara HUT ke-77 SPS dan menyampaikan dukungannya untuk kemajuan pers Indonesia. "Pers adalah mitra masyarakat. Berkomunikasi dengan pers adalah kebutuhan pokok berbagai pihak, termasuk Pemerintah,” tandasnya.

Ketua Umum SPS sekaligus Komisaris Utama Pikiran Rakyat, Januar P. Ruswita menyerukan seluruh pihak untuk menyelamatkan industri pers Indonesia agar pers tetap dapat menjalankan peran sebagai filter di tengah maraknya berita palsu yang menjejali publik.

"Banyak perusahaan pers yang mendegradasikan diri melalui produk jurnalistiknya dengan mengubah karya menyesuaikan selera algoritma platform," ujarnya.

Senior Manager Relations Pertamina Hulu Indonesia, Farah Dewi mengungkapkan apresiasi atas gelaran Media Relations Award yang digagas oleh SPS. "Ajang ini imenjadi barometer kinerja Perusahaan dalam mengelola hubungan dengan media,” tutur Dewi.

Direktur Utama PHI, John Anis menyampaikan komitmen Perusahaan untuk transparansi informasi publik, khususnya melalui media massa. "PHI menyampaikan berbagai informasi seputar kegiatan operasi, bisnis, serta TJSL/CSR Perusahaan melalui produk dan kanal komunikasi milik perusahaan serta media massa,” ungkapnya.

Media Relations Award terdiri dari empat kategori: Media Special Program, Press Gathering, Press Conference, dan Press Release. PHI berhasil mendapatkan penghargaan Silver kategori Media Special Program melalui program Bincang Asik Soal Migas ala PHI (Baso Iga PHI) serta penghargaan Bronze kategori program Press Gathering melalui program Mengarungi Lautan untuk Indonesia.

Baso Iga PHI adalah program media engagement yang diinisasi saat pandemi COVID-19. Di tengah pembatasan sosial saat pandemi, Pertamina group mengalami transformasi organisasi yang signifikan dan Perusahaan perlu menyampaikan informasi serta pembaruan tersebut kepada masyarakat. Komunikasi, serta informasi tentang transformasi Perusahaan dapat tersampaikan dengan baik melalui kegiatan daring bersama media lokal wilayah Kalimantan di tahun 2021.

Tahun berikutnya, kegiatan Baso Iga PHI daring yang kedua dan ketiga kembali digelar untuk memperkuat interaksi antara Perusahaan dan media. Di tahun ketiga, Baso Iga PHI bertransformasi melibatkan media nasional dan digelar secara luring. Baso Iga PHI membuktikan Perusahaan dapat melakukan kegiatan media engagement secara efektif melintasi era pandemi dan post pandemi.

Mengarungi Lautan untuk Indonesia adalah program Press Gathering yang digelar kali pertama oleh PHI di wilayah kerja Zona 10. Melalui kegiatan ini, Perusahaan mengajak media lokal wilayah Kalimantan Timur, untuk meningkatkan pemahaman mengenai kegiatan operasi Perusahaan. Peserta mengikuti tur ke rig pengeboran offshore, fasilitas pengolahan serta pengiriman minyak mentah dan gas di area Pertamina Hulu Kalimantan Timur. (One)

Pasang Iklan
Top