• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sekertaris Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar Syamsul Ma'arif

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara memberikan bantuan berupa kapur pertanian dan Combine Harvester di Desa Semangko dan Desa Sebuntal, Kecamatan Marang Kayu pada Rabu (26/7/23).

Bantuan tersebut diberikan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan Sekertaris Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar Syamsul Ma'arif. Ia menyebut bahwa bantuan tersebut diberikan langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah kepada Gapoktan di Kecamatan Marang Kayu.

Ia menyebut, adapun bantuan yang diberikan berupa kapur untuk Desa semangko Gapoktan Kukar sebanyak 1.242.500 Kg, Desa Sebuntal Gapoktan Nusantara sebanyak 1.232.500 Kg, Desa Santan Ulu Poktan Bina Etam Bersama 40.000 Kg dan Poktan Etam Sederhana 25.000 Kg.

Selain itu juga ada bantuan berupa benih padi yang diberikan kepada Desa Semangko berupa benih Inpari-48 sebanyak 5000 dan Inpari -32 sebanyak 7.325 Kg, Desa Sebuntal berupa benih Mikongga 3000 Kg dan Santan Ilir Mikongga 27.750 Kg serta RMU (alat mesin pertanian untuk menggiling gabah menjadi beras) 1 unit untuk desa Semangko.

"Kami Pemkab Kukar telah melakukan berbagai upaya dan kebijakan untuk memajukan pertanian dalam arti luas dengan memberikan saran dan prasarana pertanian, khususnya di lima kawasan."ungkapnya

Syamsul mengungkapkan bahwa Kecamatan Marang Kayu ini menjadi perhatian, karena kecamatan tersebut masuk salah satu kawasan pengembangan pertanian dan Marang Kayu mempunyai potensi besar untuk sektor pertaniannya. Karena bapak Bupati sangat suport untuk membangun pertanian di Kukar agar lebih maju.

"Mengingat Marang Kayu miliki potensi padi sawahnya cukup besar. Kedepan kami harapkan dengan adanya bantuan ini Poktan/Gapoktan dapat terbantu meningkatkan produktifitas dan efisiensi usaha pertanian." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top