• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala DPMD Kukar Arianto

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Kabar gembira bagi para ketua RT yang ada di Kutai Kartanegara (Kukar), pasalnya realisasi tahap I Program 50 Juta Per RT tahun 2023 sudah mulai berproses dan segera cair bulan Juli ini.

Adapun dari beberapa usulan yang ditawarkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar para Ketua banyak yang mengajukan untuk direalisasi tahap I adalah tambahan insentif (tambahan penghasilan).

Kepala DPMD Kukar Arianto mengatakan terkait program 50 juta per RT saat ini dananya sudah siap, bagi yang mengajukan pencairan. Prosesnya lagi diproses oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk realisasi tahap I sebesar Rp 25 juta.

Untuk usulannya bervariasi, sesuai perencanaan masing-masing RT di Desa. Jadi tidak sama usulannya ada yang tahap I, ada yang tahap II dan tergantung koordinasi masing-masing desa dan RT. Ditahap I ini kebanyakan mereka mengusulkan untuk tambahan insentif.

"Intinya kami hanya menyediakan menu nanti yang hasil verifikasi dari desa dan kecamatan sepanjang penganggaranya tidak keluar dari menu yang kita siapkan itu boleh dilaksanakan. Salah satunya untuk beli hp android." sebut Arianto Rabu (26/7/23).

Kemudian ada beberapa desa yang mengajukan proses ini. Karena pengajuan ini prosesnya cukup panjang di BPKAD ada di tahap II, kemudian pajak, Bankeu Provinsi, Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) RT ini bebarengan diproses. Sehingga prosesnya pararel saja berkas yang sudah siap diproses.

"Ini sudah mulai proses dan mungkin sudah ada yang cair juga bulan ini. Harapannya nanti ketika sudah realisasi anggaran BKKD RT tahap I ini ya segera dibayarkan menurut RT dan desa yang penting itu dicairkan. Dan kami bisa terbayarkan, artinya hak ketua RT dan sekertaris bendahara bisa tersampaikan. Serta mudah-mudahan untuk menunjang kinerja para RT untuk melayani masyarakat." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top