• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Capaian aktivasi Identifikasi Kependudukan Digital (IKD) di Kutai Kartanegara sudah 13.700 orang, dan capaian ini tertinggi di Kaltim bahkan Kalimantan.

Hal ini diungkapkan Kepala Disdukcapil Kukar Muhamad Iryanto kepada KutaiRaya.com, di sela-sela kegiatan Gerakan Pangan Murah serentak se Indonesia di Kukar, di halaman parkir kantor Bupati, Senin (26/06/2023).

"Aktivasi IKD ini sudah sampai ke Desa-desa, Kelurahan dan ini yang terus kita masifkan, termasuk kegiatan hari ini kita hadir di acara ini untuk warga dan siapapun yang berkunjung bisa diaktifkan IKD nya, kita diminta ikut berpartisipasi meramaikan acara gerakan Pangan murah serentak ini," ungkap Iryanto.

Karena lanjut Iryanto, ada beberapa langkah strategis yang telah kami lakukan, misalnya bagi orang yang ingin mengganti KTP kita wajibkan untuk aktivasi IKD, karena ini sebenarnya bukan memaksa, justru menguntungkan si pengguna, jadi dia dapat dua, pada saat nanti terganggu jaringan internet dia bisa gunakan KTP fisiknya.

"Kita masih terus lakukan door to door untuk sosialisasi ke masyarakat sekaligus aktivasi IKD, jadi kita sifatnya fleksibel karena memang target kinerja ini sangat tinggi dan banyak jenisnya, misalnya perekaman e KTP, akta Kematian dan lainnya, jadi ada yang nanti satu segmen kita kencangkan ada satu yang kita kendor, karena ini berkaitan dengan SDM yang kita miliki, kami harus fokus kan kemana dulu, " tuturnya.

Ia mencontohkan, untuk Pemilu mendatang yang paling penting adalah perekaman dan akta kematian, supaya nanti di dalam DPT sudah bisa ditekan sekecil mungkin adanya pemilih yang sudah meninggal dunia tapi masih masuk daftarnya.

Iryanto menambahkan, di beberapa Kecamatan, Kelurahan dan Desa sudah kita laksanakan jemput bola layanan ada aktivasi IKD juga, dan bagi masyarakat yang ingin mengaktivasi IKD bisa datang ke kantor Disdukcapil Kukar, MPP Kukar, bahkan di seluruh kantor Kecamatan di Kukar pada jam kerja, karena seluruh operator Kecamatan sudah kita latih untuk aktivasi IKD ini.

"Jadi masyarakat cukup membawa gadget android maupun IPhone lapor ke Petugas Kecamatan di Paten minta aktivasi, kami juga imbau masyarakat Kukar untuk segera mengaktivasi IKD ini semuanya gratis, karena keuntungannya banyak bagi masyarakat, " pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top