• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Kukar Sunggono resmi melepas 99 orang kontingen utusan Kabupaten Kukar yang mewakili Kaltim, di ajang Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) VII Tahun 2023 di Jawa Barat, berlangsung di ruang Serbaguna kantor Bupati Kukar, Senin (26/06/2023).

Dalam laporan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar Aji Ali Husni mengatakan, 99 orang kontingen utusan Kabupaten Kukar tersebut terdiri dari 90 orang pegiat atlet, 4 orang penggiat pelatih dan 6 orang pendamping.

"Untuk pegiat atlet utusan Kukar ini berasal dari Kecamatan Tenggarong, Kota Bangun, Kota Bangun Darat, Muara Jawa, Samboja, dan Sanga-sanga, " ungkap Aji Ali Husni.

Ia mengungkapkan, bahwa pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan jumlah pegiat dan penggiat yang berlomba di ajang FORNAS, pembinaan dan pengembangan olahraga masyarakat dilaksanakan berbasis masyarakat dengan memperhatikan prinsip 5 M, yaitu mudah, murah, menarik, manfaat dan massal.

Pembinaan dan pengembangan olahraga masyarakat dilaksanakan sebagai upaya menumbuhkembangkan sentra-sentra dan mengaktifkan perkumpulan olahraga dalam masyarakat, meningkatkan pariwisata olahraga dan menyelenggarakan festival olahraga masyarakat yang berjenjang dan berkelanjutan pada tingkat daerah, nasional dan internasional.

"Untuk kontingen Kukar pada ajang FORNAS ke VII di Jawa Barat tahun 2023 mengirimkan sebanyak 36 orang dari 6 inorga Kormi dan 4 inorga Portina. Semua kontingen juga tidak hanya dibiayai oleh APBD Kabupaten Kukar tapi juga biaya mandiri dan biaya oleh Provinsi Kaltim, " imbuhnya.

Ali sapaan akrabnya berharap, pada kegiatan keikutsertaan pegiat dari Kutai Kartanegara pada ajang FORNAS VII Jawa Barat tahun 2023 ini dapat menyumbangkan medali dan mengharumkan nama Kutai Kartanegara dan Kalimantan Timur pada tingkat Nasional.

Sementara itu, Sekda Kukar Sunggono yang membacakan sambutan Bupati Kukar menuturkan, bahwa aktivitas Olahraga Masyarakat yang merupakan bagian dari upaya gerakan kita bersama, untuk membangun spirit pentingnya kegiatan olahraga yang relevan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, untuk beraktivitas secara sehat, yang berpengaruh juga terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia yang sehat dan berprestasi, sehingga dengan adanya kegiatan Festival Olah Raga Masyarakat secara nasional ini tentunya kita dukung dan berikan apresiasi yang tinggi.

"Atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan Penghargaan yang tinggi kepada jajaran KORMI Kabupaten Kutai Kartanegara serta seluruh Pihak yang penuh semangat dan mampu bekerjasama menghadirkan para atlet dan peserta kontingen yang akan terlibat dalam FORNAS VII Tahun 2023 utusan dari Kabupaten Kutai Kartanegara, " tuturnya.

Sunggono mengaku, berbagai Festival dan event olahraga dewasa ini menjadi bagian hiburan yang sangat menarik dan digemari kalangan masyarakat, seperti kegiatan kejuaraan atau pertandingan olah raga Sepak Bola, yang mampu menyedot pengunjung hadir untuk menyaksikan sebagai hiburan, sekaligus upaya membangun spirit sportivitas dalam jiwa para pejuang dan penggemar olah raga, untuk selalu menyadari bahwa lawan bertanding adalah kawan bertanding, yang diikat oleh persaudaraan olah raga, oleh sebab itu kita harus mampu menerima hasil akhir dari sebuah kompetisi pertandingan olah raga (Fair play), agar memberikan manfaat untuk terciptanya rasa solidartas, kemajuan pembangunan dan terpenuhinya tuntutan dan kepentingan masyarakat.

Kita menyadari bahwa tantangan kedepan hanya mampu dilalui jika seluruh komponen pemerintah dan masyarakat serta pemangku kepentingan dapat berkolaborasi dan bersinergi serta dapat memelihara harmonisasi yang dibarengi dengan semangat kerja keras, inovatif dan sikap yang konsisten, ulet dan Tangguh serta kemampuan untuk beradaptasi pada setiap perubahan yang terjadi, terutama dalam pelaksanaan program-program kerja pembangunan didaerah, diantaranya bagaimana kita mampu memadukan/mengkolaborasikan pembangunan di bidang Olah raga didaerah agar dapat memberikan nilai dan kontribusi yang positif bagi capaian target pembangunan didaerah menuju Kutai Kartanegara yang Bahagia dan sejahtera.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai kartanegara, tentunya kami mendukung dan berkomitemen tinggi, untuk membangun prestasi olah raga didaerah yang lebih tinggi, dengan memberikan perhatian dan penghargaan bagi para atlet olah raga yang telah berprestasi, mengharumkan nama daerah di setiap event olah raga, baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional. Selain itu, pemerintah daerah juga akan terus memelihara, memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana olah raga di daerah, serta mengajak seluruh komponen masyarakat untuk dapat berpartisipasi didalamnya, agar kehidupan masyarakat menjadi dinamis dengan dipenuhi semangat beroleh raga untuk menghadirkan kader-kader atlet olah raga berprestasi didaerah, " bebernya.

Ia menambahkan, sejalan dengan hal tersebut maka sudah sewajarnya kita harus kontinue mengikuti dan melaksanakan kegiatan festival atau event olah raga sebagaimana keikutsertaan kita pada FORNAS ke VII tahun 2023 ini.

"Bersama ini mohon do’a dan dukungan bapak/ibu dan saudara sekalian, agar kami dapat terus mengabdikan diri serta diberi kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT, dalam menjalankan amanah yang dipercayakan masyarakat, menjadi kepala daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan sebaik-baiknya, kita hadirkan semangat Bersama untuk terus bersinergi dan berkolaborasi serta bertransformasi menghadirkan "Gerakan Kutai kartanegara berprestasi dan Sehat”, dengan kerja nyata kita buktikan bahwa kabupaten kutai kartanegara mampu bergerak searah mewujudkan Kutai kartanegara yang sejahtera dan berbahagia, " pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top